Intip Sisi Menarik Reksa Dana yang Buat Pemain Baru Tergoda

Safira Fitri, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 278 2255053 intip-sisi-menarik-reksa-dana-yang-buat-pemain-baru-tergoda-Uv27mo5ksw.jpg Saham (Shutterstock)

JAKARTA - Reksa dana merupakan salah satu wahana investasi yang sedang populer dan diminati investor dengan tingkat pendidikan maupun tingkat pendapatan yang beragam. Dalam jangka panjang, reksa dana menawarkan keuntungan yang lebih menarik daripada tabungan atau deposito.

Yang membuat investasi ini menarik yaitu reksa dana mengumpulkan sejumlah dana dari banyak investor. Di mana, akan dikelola secara profesional oleh manajer investasi agar memberikan keuntungan yang baik bagi para investornya.

 Baca juga: Tenang Ya, Investasi Reksa Dana Tetap Aman

Seperti dikutip dari buku "Kiat-kiat Membiakkan Uang di Masa Sulit" oleh Novi Iman, Jakarta, Jumat (31/7/2020), kelebihan utama dari reksa dana adalah diversifikasi aset yang luas. Karena aset yang dikelola besar, reksa dana bisa membuat portofolio yang cukup seimbang sehingga risiko bisa disebar dan potensi keuntungan yang bisa diperoleh lebih menarik.

Diversifikasi juga bisa meredam fluktuasi pasar sehingga investasi bisa lebih stabil nilainya karena ketika satu investasi turun nilainya, investasi lain bisa naik sehingga menutup penurunan tersebut.

 Baca juga: 4 Jurus Lawan Godaan Promo Dompet Digital dengan Bijak

Kelebihan lainnya yaitu, reksa dana merupakan investasi yang cukup likuid. Dengan reksa dana dapat membeli dan menjual kapan saja dengan mudah dan cepat. Selain itu, reksa dana juga bisa dibeli dengan murah dan terjangkau oleh mayoritas investor.

Semua itu dikelola dengan biaya yang relatif rendah dan transparan di bawah pengawasan otoritas keuangan. Reksa dana merupakan opilihan bijaksana yang sangat menarik terutama bagi pemula yang ingin memulai investasi.

Sebagai informasi, sebagian investor justru memilih reksa dana karena belum mampu membayar tenaga profesional untuk mengelola investasinya dengan baik. Dengan adanya reksa dana, investor memberikan kepercayaan sepenuhnya pada manajer investasi untuk mengelola dana mereka secara profesional.

Investor juga memberikan hak kepada manajer investasi untuk menyusun portofolio efek yang telah terdiversifikasi agar investasi mereka memberikan keuntungan yang optimal.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini