Pemudik! Jangan Kembali ke Jakarta Hari Ini

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2020 04:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 320 2255465 pemudik-jangan-kembali-ke-jakarta-hari-ini-obP4dfGe4D.jpg Puncak Arus Balik Libur Idul Adha terjadi Minggu 2 Agustus 2020. (Foto: Okezone.com/Jasa Marga)

JAKARTA - PT Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta. Tujuannya supaya menghindari kepadatan, karena hari ini diprediksi menjadi arus balik usai libur Idul Adha.

Operation Management & Maintenance Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra mengatakan, dari total kendaraan yang akan kembali ke Jakarta tersebut, mayoritas berasal dari arah Timur, atau dari Jalan Tol Trans Jawa.

Hampir setengahnya, lalu lintas menuju Jakarta berasal dari arah Timur.

Tol

"Jika saat kembali ke Jakarta pengguna jalan terkonsentrasi hanya dalam satu hari, potensi terjadinya kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta Cikampek II Elevated sangat tinggi karena jalan tol tersebut merupakan akses utama untuk pengguna jalan dari arah Timur menuju wilayah Jabotabek,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya mengimbau, pengguna jalan agar menghindari waktu yang bersamaan untuk kembali ke Jakarta.

Berdasarkan data Jasa Marga, pada H-1 Hari Raya Idul Adha 1441 H atau Kamis 30 Juli 2020, tercatat 192.103 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui arah Timur, arah Barat dan arah Selatan. Volume lalu lintas (lalin) pada H-1 Hari Raya Idul Adha 1441 H yang meninggalkan Jakarta ini naik 56,1% dibandingkan dengan lalin normal. (feb)

Baca Selengkapnya: Usai Libur Panjang, Masyarakat Diimbau Tidak Kembali ke Jakarta H+2

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini