Covid-19 Belum Beres, Menperin Khawatir Muncul Virus Baru

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 320 2256788 covid-19-belum-beres-menperin-khawatir-muncul-virus-baru-sOtyva6Yeg.jpg Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. (Foto: Okezone.com/Kemenperin)

JAKARTA - Pemerintah berupaya agar industri farmasi dan alat-alat kesehatan menjadi sektor industri mandiri pada 2022. Dengan begitu, impor alat-alat kesehatan dan bahan baku farmasi ditiadakan.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, upaya pemerintah sebagai langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus baru di tahun-tahun mendatang.

"Menurut pandangan kami, yang menjadi kekhawatiran adalah jangan-jangan di waktu yang tidak terlalu lama setelah vaksin ditemukan akan muncul virus baru," ujar Agus, Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Baca Juga: Menperin Ingin Industri Alat Kesehatan dan Farmasi Indonesia Mandiri

Karena itu, lanjut Agus, upaya untuk mendorong industri farmasi dalam negeri menjadi industri yang mandiri dan tidak tergantung pada impor bahan baku akan terus dilakukan pemerintah hingga dapat direalisasikan pada tahun 2022 mendatang.

Dalam konteks ini, kata Agus, ada dua hal yang menjadi kepentingan pemerintah di sektor industrial, pertama, berdikari di sektor farmasi, dalam hal ini adalah Indonesia akan memproduksi obat-obatan secara mandiri. Kedua, produksi alat-alat kesehatan.

"Kita akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang mampu memproduksi kebutuhan alat kesehatan dan obat-obatan," ujarnya.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Ada Mafia Alat Kesehatan, KPPU: Kami Selidiki

Dia juga mengatakan, target produksi vaksin Covid-19 yang saat ini tengah diuji coba oleh PT Bio Farma (Persero) akan rampung akhir tahun ini. Artinya, pada awal tahun depan vaksin sudah akan diproduksi dan didistribusikan.

"Untuk Covid-19 vaksinnya sudah ada, saat ini sedang di-develop mungkin awal tahun suda ada (produksi dan distribusi)," kata Agus.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini