Menperin Ingin Industri Alat Kesehatan dan Farmasi Indonesia Mandiri

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 27 April 2020 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 320 2205457 menperin-ingin-industri-alat-kesehatan-dan-farmasi-indonesia-mandiri-2IWcoNS4bv.jpg Menperin Agus Gumiwang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa saat ini menjadi momentum yang tepat bagi Indonesia untuk membangun sektor industri alat kesehatan dan farmasi. Tujuannya supaya di di tengah pendemi seperti sekarang, Indonesia mampu memenuhi kebutuhan alat kesehatannya sendiri.

“Bapak Presiden telah mendorong agar Indonesia dalam jangka menengah dan panjang harus menjadi negara yang mandiri di sektor kesehatan,” tegasnya, dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/4/2020).

Agus menambahkan, sektor industri sedang melakukan refocusing untuk membantu upaya pemerintah dalam memperkuat sektor industri yang masuk dalam kategori high demand seperti alat kesehatan, obat-obatan, dan vitamin.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Ada Mafia Alat Kesehatan, KPPU: Kami Selidiki

“Kami yakin terhadap potensi dan kemampuan industri dalam negeri untuk memenuhi permintaan yang tinggi dan juga dapat mengurangi ketergantungan impor,” pungkasnya.

Di sisi lain, Agus yakin ekonomi Indonesia bakal mengalami rebound lebih cepat pasca-pandemi Covid-19. Keyakinan ini muncul setelah ekonomi China mengalami rebound yang lebih cepat dari perkiraan banyak pihak.

“Ketika pandemi lepas dari Bumi Pertiwi, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tumbuh lebih cepat,” jelasnya.

Keyakinan tersebut disampaikan Menperin setelah melakukan video conference dengan asosiasi industri yang mendatangkan bahan baku produksi dari China. “Ternyata ada beberapa industri yang pada Maret pertengahan, sudah bisa mendapatkan bahan baku lagi dari China,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini