Erick Thohir Sebut Ada Mafia Alat Kesehatan, KPPU: Kami Selidiki

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 320 2203824 erick-thohir-sebut-ada-mafia-alat-kesehatan-kppu-kami-selidiki-5NME7dnXjB.jpg Kelangkaan Alat Kesehatan untuk Penanganan Covid-19. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut adanya impor alat kesehatan yang banyak dimanfaatkan oleh para mafia. Hal ini yang membuat alat kesehatan menjadi langka di Indonesia, terlebih saat pandemi virus corona atau Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Guntur Saragih mengatakan, pihaknya akan meminta keterangan resmi dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentang mafia persoalan mafia alat kesehatan (alkes). 

Baca Juga: Industri Dalam Negeri Targetkan Produksi 200 Juta Masker Tiap Bulan

"Jadi, kami meminta kepada Kementerian BUMN untuk menjelaskan hal tersebut. Mudah-mudahan kami dapat penjelasan lebih detail tentang mafia yang dimaksud," ujar dia pada telekonfrensi, Kamis (23/4/2020).

Menurut dia, setelah mendapatkan pernyataan resmi, KPPU akan mulai menyelidiki apakah memang ada pelanggaran terhadap prinsip persaingan usaha.

"Hal tersebut seperti yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat," ungkap dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini