Jalankan Bisnis Tanaman Hidroponik, Baca Dulu Strategi Usahanya

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 320 2257302 jalankan-bisnis-tanaman-hidroponik-baca-dulu-strategi-usahanya-k6xVDU5PD9.jpg Tanaman Hidroponik (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Tanaman Hidroponik saat ini sedang banyak digemari oleh sejumlah kalangan, pasalnya tanaman tersebut dinilai praktis dalam hal perawatannya. Namun, banyak pula sekarang orang yang memanfaatkan tanaman ini sebagai peluang usaha.

Banyak pelaku usaha yang menawarkan tanaman tersebut di sosial media atau juga di berbagai gerai fisik yang khusus menjual tanaman Hidroponik. Tapi, dalam hal memasarkan tanaman tersebut juga ada tipsnya.

Baca juga: 4 Cara Dapat Modal untuk Membuat Startup

Seperti yang dilansir dari buku Bisnis Hidroponik ala Roni Kebun Sayur, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Berikut lima tips memasarkan sayuran hidroponik.

Pertama, siapkan sampel, brosur penjualan, dan surat penawaran harga. Brosur, Sampel bisa dikatakan seperti cara promosi perdagangan.

Baca juga: Rintis Usaha Tak Butuh Modal Besar, Terus Apa?

Kedua, Berikan kepada calon konsumen, vendor dan target pembeli. Bisa memasarkan produk hidroponik tersebut kepada supermarket, rumah makan atau sekedar toko retail.

Ketiga, berdasarkan pengalaman jika ada penolakan biasanya, dikarenakan harga jual yang tidak cocok atau bisa juga kuantitas yang dibutuhkan calon pembeli memang tidak terlalu banyak.

Tren Menanam Sayuran Hidroponik di Tengah Pandemi Covid-19  

Keempat, negosiasi dan jelaskan. Sayuran hidroponik yang kalian jual adalah sayuran hidroponik yang bersih, bebas pestisida dan waktu delivery yang cepat.

Kelima, jika calon pembeli atau vendor menyetujui produk yang ditawarkan, persiapkan data kelengkapan usaha. Data tersebut dimaksudkan untuk keperluan usaha administrasi yang dibuat oleh pihak vendor.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini