Rintis Usaha Tak Butuh Modal Besar, Terus Apa?

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 320 2257009 rintis-usaha-tak-butuh-modal-besar-terus-apa-lVe5iIFa57.jpg Mulai Usaha Tak Butuh Modal Besar. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengungkapkan dalam membuka usaha baru tidak melulu berpatok pada modal yang besar. Namun juga diperlukan kreatifitas dari pelaku usaha itu sendiri.

"Membuka usaha tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Yang penting kita mampu mengemasnya menjadi produk yang menarik, memberikan kualitas yang terbaik," kata Agus, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/8/2020).

Selain itu, para pelaku usaha juga harus memasarkan produknya tepat sasaran. Termasuk media pemasaran juga harus menjadi pertimbangan yang matang.

Baca Juga: 6 Cara Kembangkan Bisnis, Skill Nego Jadi Kewajiban

"Pemasaran harus dengan cara yang benar, salah satunya melalui platform digital," kata dia.

Hal ini diungkap Agus saat meninjau beberapa ruangan di Gedung Kementerian Perdagangan. Di sana dirinya menemukan salah satu pegawai Kemendag yang ingin membuka usaha makanan.

Agus pun meminta dalam menjalankan usaha mengedepankan produk dalam negeri. "Bagus ini, nanti kita ekspor, kita kembangkan," kata dia.

Baca Juga: Raup Cuan, Atlet Banting Setir Buka Jasa Servis Sepeda

Menurut Mendag Agus, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong pembelian produk buatan dalam negeri sekaligus mendorong UMKM agar tetap berpoduksi dan berkembang. Selain itu, juga untuk meningkatkan rasa cinta tanah air.

"Produk-produk Indonesia memiliki kualitas yang sangat bagus dan berdaya saing tinggi. Pemerintah akan terus mendorong pelaku UMKM untuk berjualan secara luring maupun daring. Penjualan secara daring merupakan inovasi yang perlu diadaptasi para pelaku UMKM agar dapat terus bertahan di tengah pandemi Covid-19," ujar Agus.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini