Bisnis Jajanan Pasar, Jaga Pasokan dan Kebersihan Biar Laris

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 320 2257405 bisnis-jajanan-pasar-jaga-pasokan-dan-kebersihan-biar-laris-W9ttRZWl10.jpg Jajanan Pasar (Okezone)

JAKARTA - Jajanan Pasar sering kali digambarkan dengan beragam kue basah yang berwarna warni dan kaya akan rempah. Tapi, jangan salah justru peluang pemasaran kue ini juga besar.

Salah satu kunci sukses dalam menjalankan usaha adalah sistemn manajemen yang tepat termasuk pemasaran di dalamnya. Umumnya, jajanan pasar diperjualbelikan langsung di toko ataupun bazar makanan.

 Baca juga: Kenalan dengan Melani, Pedagang Dawet Ireng Cantik Bikin Auto Laris

Untuk menjalankan pemasaran yang tepat dibutuhkan pula tips dan trik untuk proses memasarkan produk jajanan pasar ini. Seperti yang dilansir dari buku Sukses Wirausaha Jajan Favorit karya Budi Sutomo, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Berikut beberapa tips pemasaran jajanan pasar favorit.

Pertama, utamakan kualitas. Kualitas jajan pasar dapat diukur dari cita rasa yang enak, warna yang menarik, aroma khas dan tekstur yang sesuai dengan jenis kue tersebut.

 Baca juga: Jalankan Bisnis Tanaman Hidroponik, Baca Dulu Strategi Usahanya

Kedua, variasikan produk. Baik variasi dalam bentuk, rasa, maupun isi sehingga konsumen tidak bosan dan punya banyak pilihan. Lakukan sejumlah inovasi baru untuk pengembangan produk.

Ketiga, tentukan harga untuk produk yang dipasarkan. Jangan sampai memberikan harga yang tidak sesuai dengan produk yang dihasilkan.

 Baca juga: 4 Cara Dapat Modal untuk Membuat Startup

Keempat, jaga ketersediaan produk dalam kuantitas yang memadai. Konsumen akan kecewa jika produk yang akan dibeli sudah tidak ada atau dalam jumlah yang tidak mencukupi. Perhatikan pola belanja masyarakat. Sebaiknya, produksi di hari besar (raya) diperbanyak. Karena, permintaan akan lebih tinggi.

Kelima, terapkan pelayanan yang ramah dan sopan. Jangan lupa higienis dalam toko tetap harus dijaga juga.

Dan yang terakhir, lakukan pengelolaan manajemen yang baik. Hal ini untuk kelangsungan usaha yang dijalankan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini