Peserta SKB CPNS Tak Wajib Bawa Hasil Rapid Test

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 320 2257514 peserta-skb-cpns-tak-wajib-bawa-hasil-rapid-test-9G19OYotsy.jpg Virus Corona (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan bahwa tidak ada kewajiban dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2019 kepada para peserta untuk membawa hasil rapid test. Meski begitu tidak ada masalah jika instansi meminta hal tersebut kepada peserta seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS untuk membawa dookumen tersebut.

“Tidak ada kewajiban untuk membawa hasil rapid test. Tetapi kalau ada instansi yang kemudian meminta peserta ujian SKB untuk membawa rapid tes boleh saja,” kata Deputi bidang Sistem Informasi Kepegawaian ASN (Sinka) BKN Suharmen saat konferensi pers, Rabu (5/8/2020).

Baca Juga: Masyarakat Indonesia Konsumtif Bisa Bikin Ekonomi Bangkit asal... 

Namun pada kesempatan itu, dia memperingatkan kepada instansi bahwa hasil rapid test bukan menjadi alasan untuk mengugurkan keikusertaan peserta. Di mana para peserta yang meskipun hasil rapidnya reaktif.

“Tetapi saya sampaikan kepada seluruh kepala Kanreg, di dalam SE kita orang reaktif hasil rapid test itu tidak boleh digugurkan. Jadi tidak ada orang yang digugurkan akibat dari covid-19. Ini yang poin pentingnya,” ungkapnya.

Baca Juga: Pelamar CPNS yang Positif Covid-19 Masih Boleh Ikut Tes SKB 

Dia mengatakan bahwa hasil reaktif pada rapid test belum bisa memastikan pelamar positif covid atau tidak. Dia mengatakan yang menentukan positif covid adalah swab test.

Dia mengatakan bahwa bagi pelamar yang reaktif maupun yang positif covid tetap akan diberikan kesempatan mengikuti ujian. Namun hal ini diputuskan oleh tim kesehatan yang ada di setiap titik lokasi pelaksanaan SKB.

“Bagaimana kalau pelamar reaktif dan covid? Saya pada akhirnya akan meminta rekomendasi tim kesehatan apakah yang bersangkutan diizinkan untuk bisa mengikuti ujian di lokasi yang kita tentukan,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini