Di Ambang Resesi, Siapkan Uang Tunai dan Tunda Belanja untuk Gaya Hidup

Fakhri Rezy, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 320 2258221 diambang-resesi-siapkan-uang-tunai-dan-tunda-belanja-untuk-gaya-hidup-LT2Yg1Ko2g.jpg Personal Finance (Shutterstock)

JAKARTA - Ekonomi Indonesia sudah di ambang resesi. Hal ini tercermin dari pertumbuhan ekonomi RI kuartal II-2020 yang mencapai minus 5,32%.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, alasan mengapa uang cash menjadi sangat penting adalah agar bisa menjadi modal ketika situasi sulit menerpa. Misalnya terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada perusahaan tempat bekerja.

Atau bagi mereka yang menjalankan bisnis juga bisa saja terkena dampak. Misalnya bisnis yang dijalankan bangkrut karena penjualan tidak seimbang dengan pemasukan.

"Bisa dibilang seperti itu. Karena kan istilahnya kalau terjadi resesi kemungkinan bisa terjadi pengurangan karyawan ataupun kita punya bisnis mungkin pertumbuhan bisnis kita berkurang," ujarnya saat dihubungi Okezone.

Menurut Andi, sambil memegang uang cash, kebutuhan lainnya juga ada baiknya untuk ditunda. Khususnya untuk pengeluaran yang sifatnya untuk memenuhi gaya hidup atau lifestyle.

Baca selengkapnya: Indonesia Diambang Resesi, Perbanyak Pegang Uang Tunai

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini