4 Kunci Sukses Bisnis Kue Kering bagi Pemula

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 320 2258400 4-kunci-sukses-bisnis-kue-kering-bagi-pemula-S77RC68MXc.jpg Bisnis Kue Kering di Tengah Pandemi. (Foto: Okezone.com/Sheknows)

JAKARTA - Bisnis kue kering bisa menjadi salah satu peluang usaha yang dilakukan selama pandemi. Sebab bisnis ini bisa dikatakan bisnis "home-made".

Untuk memulai dan sukses dalam bisnis kue kering. Keberhasilannya sangat ditentukan oleh kemampuan pemilik usaha dalam mengelola semua sumber daya yang ada. Umumnya, kemampuan tersebut berasal dari pengalaman sebelumnya.

Baca Juga: Bisnis Jajanan Pasar, Jaga Pasokan dan Kebersihan Biar Laris

Untuk itu, perlu diketahui beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat mulai usaha pengolahan kue kering mulai dari modal hingga sumber daya manusia. Seperti yang dijelaskan dalam buku Bisnis Kue Kering karya Ani Suryani, Encep Hidayat, Dida Sadyaningsih dan Erliza Hambali , Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Pertama, Modal.

Modal d isini adalah modal usaha berupa nilai uang, kemampuan keras dan keahlian mutlak yang harus dimiliki untuk memulai usaha. Modal sangat diperlukan dalam memulai usaha dan menjalankannya. Besar dan kecil modal tentunya ditentukan oleh skala industri yang akan didirikan. Untuk industri skala rumah tangga, modal yang dibutuhkan relatif kecil. Pasalnya, dapat menggunakan peralatan rumah tangga yang dimiliki.

Baca Juga: Tak Hanya Lokasi, 4 Hal Ini Tentukan Bisnis Sukses atau Tidak

Kedua, Produk.

Standar mutu produk dari kue kering terbagi dua macam. Bersifat baku mencakup syarat mutu atay nutrisi yang disajikan pada tabel dan juga tren pasar. Sebelum melempar produk ke pasaran, produsen harus mengetahui parameter mutu produk yang diinginkan oleh setiap segmen pasar yang akan dituju. Produk yang dihasilkan harus mampu memenuhi semua parameter mutu sehingga kepuasan kosumen dapat dipenuhi. Hal ini sangat penting karena menentukan kemampuan produk untuk tetap bertaha, bahkan menjadi market leader kue kering.

Ketiga, Keahlian

Keahlian dalam proses produksi tidak cukup menjamin berkembangnya usaha ini. Ada hal lain yang harus dimiliki oleh produsen kue kering yakni kreativitas. Sentuhan kreativitas produsen terutama dalam formulasi bahan,adonan hingga penampilan akan menghasilkan produk yang memiliki keiistimewaan dibandingkan produk lain yang sejenis. Keahlian ini juga ditentukan oleh pengetahuan bahan baku dan kepekaan dalam merespon tren pasar.

Keempat, Tenaga kerja.

Proses pengolahan produk ini relatif mudah sehingga tidak memerlukan kriteria tertentu. Pelatihan bagi para pekerja cukup dilakukan di awal agar mengetahui proses produksi secara umum dengan pengawasan mutunya. Sebaiknya, pengusaha juga terlibat langsung dalam proses produksi agar mengetahui perkembangan para pekerja dan dapat mengambil langkah-langkah lanjut lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini