BPJS Ketenagakerjaan Kumpulkan Nomor Rekening Pekerja Gaji Pas-pasan

Aditya Pratama, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 320 2258985 bpjs-ketenagakerjaan-kumpulkan-nomor-rekening-pekerja-gaji-pas-pasan-fKFApnxjam.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah menyampaikan adanya program subsidi gaji atau bantuan tunai bagi pekerja yang memiliki upah di bawah Rp5 juta mulai September 2020. Jumlah pekerja non PNS dan non BUMN yang memiliki gaji di bawah Rp5juta sebanyak 13,8 juta pekerja yang berasal dari BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Ini Mekanisme Penyaluran BLT untuk Pekerja Gaji Pas-pasan 

Deputi Direktur Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJS Irvansyah Utoh Banja mengatakan, saat ini pemerintah sedang dalam tahap memfinalisasi skema dan kriteria bantuan subsidi gaji, berdasarkan data kepesertaan dari BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek dan lembaga lainnya.

"Saat ini BP Jamsostek dalam proses mengumpulkan data nomor rekening peserta yang memenuhi kriteria dimaksud melalui kantor cabang di seluruh Indonesia," ujar Irvansyah saat dihubungi, Sabtu (8/8/2020).

Baca juga: BLT Pekerja Cair 2 Bulan Sekali Mulai September, Rp1,2 Juta Masuk Rekening

Dia menyebut, data yang dimiliki pihaknya telah diserahkan kepada pemerintah merupakan data peserta aktif dengan upah di bawah Rp5 juta. Adapun, upah pekerja yang ada di data milik BP Jamsostek berdasarkan upah pekerja yang dilaporkan dan tercatat.

"Kami harap pemberi kerja (perusahaan) dan tenaga kerja ikut proaktif menyampaikan data nomor rekening dimaksud sesuai skema dan kriteria Pemerintah," kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini