Ini Mekanisme Penyaluran BLT untuk Pekerja Gaji Pas-pasan

Dita Angga R, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 20 2258627 ini-mekanisme-penyaluran-blt-untuk-pekerja-gaji-pas-pasan-2AUaPnhC7R.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan memberikan bantuan tunai kepada 13,8 pekerja di luar pegawai BUMN dan PNS. Dimana program ini menyasar pekerja formal yang masih bekerja dengan penghasilan di bawah Rp.5 juta.

“Tenaga kerja formal yang gajinya di bawah Rp5 juta dan sebagian besar itu gajinya antara Rp2 sampai Rp3 juta itu jumlahnya ada 13,8 juta tenaga kerja. Dan pegawai ini di luar BUMN dan PNS yaang alhamdulillah sampai sekarang gajinya tidak dipotong. Bapak presiden sangat memperhatikan tenaga kerja lain 13,8 juta formal yang dirumahkan atau gajinya dipotong,” kata Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional yang juga Wakil Menteri (Wamen) BUMN Budi Gunadi Sadikin di Kantor Presiden, Jumat (7/8/2020).

 Baca juga: BLT Pekerja Cair 2 Bulan Sekali Mulai September, Rp1,2 Juta Masuk Rekening

Untuk penyalurannya, Budi mengatakan akan bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini dilakukan untuk menyisir data pegawai formal yang gajinya di bawah Rp5 juta.

“Kita menggunakan data resmi yang ada di BPJS. Data itu lengkap karena setiap bulan mereka membayar iurannya dan kita juga tahu bekerja dimana, namanya siapa, sudah berapa lama bekerja,” ungkapnya.

 Baca juga: Dapat BLT Rp600.000/Bulan, Ini Kata Pekerja Gaji Pas-pasan

Dia menargetkan dalam waktu dua minggu sudah dapat memverifikasi nomor rekening para penerima bantuan sosial (bansos) karyawan ini. Rencananya bantuan akan diberikan selama 4 bulan dengan besaran Rp.600 ribu.

“Diberikan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan di kuartal ketiga. Dan tahap kedua diberikan di kuartal keempat. Bantuan ini akan diberikan langsung ke rekening tenaga kerja yang terdaftar di BPJS tenaga kerja. Cash langsung ke rekening naker yang terdaftar di BPJS tenaga kerja,” pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini