7 Strategi Promosi Bisnis Rumahan, Jangan Lupakan Relasi!

Natasha Oktalia, Jurnalis · Minggu 09 Agustus 2020 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 320 2259274 7-strategi-promosi-bisnis-rumahan-jangan-lupakan-relasi-mMrJZ733Px.jpg Strategi Promosi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menjalankan usaha atau bisnis dari rumah memang bisa dikatakan efektif dan tidak terlalu sulit untuk dijalankan. Tapi, walaupun begitu strategi promosi dan pemasaran tetap harus dipikirkan idenya matang-matang.

Promosi merupakan hal terpenting dalam usaha. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam penyusunan strategi pemasaran promosi adalah tingkat harga/jasa, promosi, kepuasan pelanggan dan pesaing usaha.

Baca Juga: Lumayan, Dapat Rp600.000 dari Pemerintah Bisa Buat Modal Usaha 

Namun, dalam penyusunan promosi pemasaran usaha rumahan masih harus ada yang diperhatikan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam rencana promosi pemasaran seperti dikutip Okezone dari buku Rahasia Sukses Berbisnis Sampingan Skala Rumahan karya Redaksi RAS, Jakarta, Minggu (9/8/2020).

Pertama, temukan keistimewaan dari usaha yang dijalankan. Pastikan usaha yang dijalankan berbeda dengan usaha pesaing lainnya.

Baca Juga: 6 Fakta Bansos Diperpanjang hingga 2021, Diumumkan 14 Agustus 

Kedua, tentukan luasan area pelanggan yang diinginkan. Hal ini berkaitan dengan jangkauan pelanggan dengan lokasi tempat usaha.

Ketiga, buatlah spanduk atau papan nama yang jelas dengan jenis usaha yang dilakukan di tempat usaha. Hal tersebut agar konsumen mengetahui akan kehadiran usaha tersebut, sekaligus menjadi pengingat untuk konsumen.

Keempat, buat brosur dengan ukuran tertentu dengan design yang menarik. Perhatikan dengan jelas mengenai kedetailan informasi yang diberikan ya. Brosur dapat disebar di sekitar lokasi bisnis.

Kelima, jangan anggap remeh promosi model dari mulut ke mulut. Layani pelanggan dengan baik sehingga rasa puas pelayanan dan produk yang baik dapat disebarkan pelanggan ke kerabat atau orang di sekitarnya.

Keenam, manfaatkan kehadiran relasi, networking dalam promosi.

Yang terakhir ketujuh, jika cakupan usaha luas dapat melakukan promosi pada media yang lebih besar. Seperti pemasangan iklan pada media cetak, radio hingga online sekaligus.

Tapi, yang terpenting dari usaha ini adalah gunakan produk yang berkualitas ya. Sebab itulah kunci dari kepuasan konsumen. Jika perlu, beri jaminan kepuasan terhadap konsumen. (dni)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini