6 Ciri Wirausaha Sejati, Minim Modal Tak Jadi Masalah hingga Bertawakal

Safira Fitri, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 320 2260312 6-ciri-wirausaha-sejati-minim-modal-tak-jadi-masalah-hingga-bertawakal-YYanDyd4mX.jpg Berbisnis (Shutterstock)

JAKARTA - Sejatinya, bisnis atau wirausaha bukanlah kemampuan yang berasal secara turun-temurun ataupun warisan. Bisnis adalah sesuatu yang dapat dipelajari oleh siapapun dan kapanpun waktunya.

Selain itu, lingkungan juga menjadi salah satu faktor pendorong keberhasilan dalam membentuk orientasi bisnis dalam sikap dan alam pikiran. Ibarat tanaman yang ditumbuhkembangkan oleh lingkungan di sekelilingnya.

 Baca juga: 8 Cara Sukses Bisnis Pakaian agar Tak Ketinggalan Zaman

Demikian pula lingkungan yang mendorong tumbuhnya semangat kewirausahaan dapat diciptakan di sekitar keluarga sendiri. Seperti dikutip dari buku "Kiat Sukses Bisnis, Kiat Sukses Kerja" oleh Ichsanudin, Jakarta, Selasa (11/8/2020), berikut adalahciri utama wirausahawan:

1. Berani menanggung resiko alias jangan takut gagal. Karena kalau belum apa-apa sudah takut gagal, kapan mau mulai buka usaha.

 Baca juga: 3 Strategi Bisnis agar Menang dalam Persaingan

2. Di samping itu wirausaha juga harus pula mempunyai ciri-ciri keunggulan seperti kreatif, inovatif (berani coba-coba), ulet dan tahan uji (tidak cengeng dan tidak lekas putus asa), pekerja keras (ia bekerja di kala orang lain sedang tidur pulas, ia berfikir di kala orang lain sedang santai atau berfaktur).

3. Tidak kalah pentingnya kesehatan badan yang baik akan menunjang semangat berwirausaha.

4. Tidak ada alasan modal, sebab terbukti usahawan sejati akan terus menunjukkan kepiawannya walaupun tanpa modal yang banyak.

5. Percaya, yakin akan berhasil, sukses. Jika percaya akan sukses, bukan mustahil sukses itu akan datang. Cuma banyak orang yang mudah menyerah ketika tantangan itu datang menghadang, padahal rencana dan strategi telah disusun. Maka yang dibutuhkan adalah berfikir positif, yakin berhasil.

6. Bertawakal kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena Dialah Maha Pemberi rejeki kepada siapa saja yang dikehendaki. Dan Dia tidak akan zholim kepada hambanya. Dialah yang menanggung rejeki bagi setiap makhluk-Nya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini