Menhub Sebut Transportasi Kereta Api Urat Nadi Pemulihan Ekonomi Nasional

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 320 2260414 menhub-sebut-transportasi-kereta-api-urat-nadi-pemulihan-ekonomi-nasional-cBB8onQjU1.jpg Menhub (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa moda transportasi kereta api memiliki peranan penting sebagai urat nadi pemulihan ekonomi. Apalagi saat ini, kereta api menjadi moda transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dalam menjalankan aktivitas ekonomi.

"Transportasi kereta api menjadi penting, karena sebagai urat nadi dari pemulihan ekonomi nasional untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Budi dalam webinar Transportasi Untuk Merajut Keragaman, Selasa (11/8/2020).

Baca Juga: Daftar Sektor Usaha yang Mulai Ngegas di Kuartal III-2020

Budi menjelaskan, peran kereta api sebagai pemulihan ekonomi nasional didasari atas tingginya ketergantungan masyarakat akan transportasi ini. Hal itu dibuktikan dengan masih tingginya pengguna moda angkutan transportasi baik KRL maupun MRT pada era normal baru ini.

"KRL satu hari saja bisa lebih dari 1 juta pengguna, karena pandemi kita batasi jadi 400 ribu, sisanya kita sediakan bus," ujar Budi.

Baca Juga: 3 Bulan yang Menentukan, Jokowi Singgung Uang Pemda Rp170 Triliun 'Nganggur' di Bank

Dia menambahkan, kereta api juga berperan pada pertumbuhan sektor logistik, dalam pelayanan distribusi barang ke tangan konsumen. Untuk itu, transportasi ini diharapkan bisa menjadi pembangunan ekonomi di daerah.

"Kereta api menjadi alat konektivitas yang fundamental bagi aspek sosial dan ekonomi," tandasnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini