Share

Sulap Limbah Plastik Jadi Duit Jutaan Rupiah, Begini Caranya

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 320 2262296 sulap-limbah-plastik-jadi-duit-jutaan-rupiah-begini-caranya-fIXfJKEyr4.jpg Sampah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Banyak sampah plastik dari kemasan minuman atau botol yang hanya dibiarkan begitu saja. Padahal, kehadiran limbah tersebut bisa dijadikan menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Sampah atau limbah plastik tersebut bisa dijadikan sebagai sejumlah hasil kerajinan tangan atau produk daur ulang. Tentunya, dengan modal yang tidak besar, tapi keuntungan yang didapat justru sebaliknya.

Baca Juga: Budidaya Pohon Mangga, Setahun Untungnya Bisa Puluhan Juta

Melansir dari buku Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta Karya A.Primasetra, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Berikut beberapa tips untuk memulai usaha yang berbahan dasar limbah plastik.

1. Buat perencanaan bisnis yang matang, rencanakan segala persiapan mulai dari tempat usaha hingga tenaga SDM yang dibutuhkan.

2. Cari supplier atau tukang dari barang bekas atau bahan dasar yang dibutuhkan yakni sampah plastik seperti bungkus mie instan atau produk sachet yang masih memungkinkan untuk diolah.

3. Persiapkan sejumlah alat dan peralatan yang dibutuhkan.

 

4. Mulai usaha dengan kelompok kecil. Hal tersebut tentunya untuk menghindari sejumlah risiko yang akan datang. Selain itu, dengan sedikitnya jumlah anggota atau SDM tentunya dapat memaksimalkan sumber daya yang ada.

5. Bersihkan sejumlah bahan dasar yang didapat, cuci hingga steril bahan dasar. Mengingat, bahan tersebut merupakan bahan limbah agar kebersihan produk tetap terjaga dan terhindar dari bakteri dan kuman penyakit.

6. Kreasikan dan inovatif pada produk. Padu padankan sampah plastik satu dengan yang lainnya. Bisa dikombinasikan pula dengan bahan kertas, plastik, kaca atau kain.

7. Dalam hal perekatan bahan, perhitungkan tata letak gambar atau komposisi sampah plastik. Jangan asal tempel ya, pasalnya aspek visual adalah titik utama yang dijual dari bisnis tersebut selain isu ramah lingkungan.

8. Jangan lupa, berikan label nama pada produk. Karena kehadiran label akan membuat produk terlihat semakin elegan dan meningkatkan kesan positif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini