Share

Lowongan Kerja Data Analyst, Profesi yang Lagi Hype

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 320 2264419 lowongan-kerja-data-analyst-profesi-yang-lagi-hype-7S4aTeuMYy.jpg Data Analyst (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Data analyst merupakan salah satu jenis pekerjaan yang sedang marak dicari saat ini. Banyak perusahaan yang mulai membuka lowongan untuk jenis pekerjaan ini.

Namun, apa itu profesi Data Analyst?

 Baca juga: Lowongan Kerja di BUMN Bidang Pembiayaan Perumahan, Yuk Dicoba

Melansir dari Instagram @Kemnaker, Jakarta, Rabu (19/8/2020), data analyst harus bertanggung jawab dalam menerjemahkan angka-angka menjadi laporan yang dapat dengan mudah dipahami oleh manajemen. Namun, untuk menganalis data-data tersebut tidaklah sembarangan, melainkan menggunakan teknologi khusus.

Adapun deskripsi pekerjaan adalah harus memahami asal-usul data dan kemungkinan terdistorsinya data dengan bantuan teknologi khusus. Serta mengumpulkan dan menganalyst data.

 Baca juga: Lowongan Kerja BUMN di PT LEN, Ini Posisi yang Dibutuhkan

Profesi ini juga melakukan identifikasi terhadap korelasi dan pola interpretasi yang terkandung di dalam data-data. Dan, hasil identifikasi ini kelak akan menghasilkan informasi-informasi yang bermanfaat bagi perusahaan.

Untuk itu, dalam menekuni profesi sebagai data analyst harus memiliki beberapa keterampilan, yakni kemampuan mengolah SQL, Python atau R programing, statistik dan matematika, visualisasi data dan komunikasi serta menilai suatu bisnis.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini