Share

Tips Liburan Long Weekend yang Murah Meriah, Kantong pun Aman

Giri Hartomo, Okezone · Jum'at 21 Agustus 2020 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 320 2265393 tips-liburan-long-weekend-yang-murah-meriah-kantong-pun-aman-mk2VkAo12Z.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Long Weekend biasanya dihabiskan oleh masyarakat untuk pergi berlibur. Biasanya tujuannya adalah untuk merefresh otak setelah lelah dengan pekerjaan atau masalah lainnya.

Namun keinginan refreshing di tengah situasi saat ini sering kali bentrok dengan budget yang tersedia. Tapi tenang, sebenarnya ada piknik yang murah meriah tanpa membuat kantong kalian jebol.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan akan ada selalu jenis piknik yang hemat budget. Tinggal bagaimana niat dan kesenangan seperti apa yang akan dipilih oleh seseorang tersebut.

Baca Juga: Liburan Long Weekend ke Puncak Macet-macetan, Rugi Enggak?

"Tergantung dari passion ataupun keinginan untuk kesenangannya tiap orang ya. Kalau ditanya ada nggak ada pasti ada," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (21/8/2020).

Misalnya adalah bagi mereka yang hobi untuk membaca bisa pergi piknik ke perpustakaan. Untuk pergi ke perpustakaan biasanya hanya mengeluarkan uang untuk ongkos dan biaya parkir saja.

Sementara untuk membaca buku biasanya tidak dipungut biaya satu rupiah pun. Mungkin, bagi mereka yang akan meminjam buku untuk di bawah pulang biasanya akan ada biaya tambahan meskipun jumlahnya masih relatif kecil.

Baca Juga: Long Weekend di Tengah Ancaman Resesi, Mending Liburan atau Simpan Uang?

"Hobinya baca pasti refreshing yang paling menyenangkan buat dia pasti baca. Entah itu dia beli buku atau baca ulang buku yang dia punya , atau bertukar dengan teman atau sekarang banyak buku buku online itu pasti jadi sarana refreshing yang murah meriah banget kan Atau misalnya bosan di rumah oh dia bisa datang ke perpusnas tempatnya bagus, koleksinya banyak pasti enak banget dan cuma bayar transport sama parkir," jelasnya.

Atau contoh lainnya adalah bagi mereka yang suka dengan sejarah maka bisa berkunjung ke Museum. Memang beberapa museum gratis untuk dikunjungi, namun jika memang ada yang harus bayar, biaya masuknya akan lebih murah jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

"Terus buat yang suka dengan sejarah datang ke museum. Banyak komunitasnya juga. terus ada Jakarta heritage. Mereka tour ke museum ke tempat bersejarah. Lumayan murah kan" kata Andi.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sementara jika ingin pergi bermain dan menghabiskan waktu dengan keluarga, bisa mengunjungi destinasi wisata yang murah meriah. Misalnya untuk yang ada di sekitar Jakarta adalah objek wisata Ancol atau Kebun Binatang Ragunan.

"Terus misalnya piknik keluarga atau berdua saja minimal ke Ancol gitu kan. Masuk murah bayar parkir kita bisa jalan jalan di pinggir pantai. Bahkan pernah liat makanya bawa sendiri , bawa bekal sendiri Atau ke Ragunan lebih murah lagi. Jadi sebenarnya banyak yang bisa kita manfaatkan," jelasnya.

Selain itu lanjut Andi, bisa juga piknik ke hutan atau taman kota. Di sana, bisa berkumpul bersama teman dan keluarga tanpa harus mengeluarkan uang misalnya dengan membawa makanan sendiri dari rumah sehingga tidak perlu membeli lagi.

"Bahkan kalau mau murah benar kita juga misalnya bisa beberapa orang pikniknya itu di hutan kota. Contohnya kaya di Jakarta Timur, saya suka lihat banjir kanal timur itu kan lumayan hijau daerahnya nah itu bahkan ada yang bikin arisan di situ gathering komunitasnya di situ benar-benar murah meriah banget mereka cuma bawa makanan nggak perlu tiket masuk segala macam," kata Andi. (kmj)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini