Daftar Kerja Sama RI-UEA di Sektor Energi Libatkan Pertamina dan PLN

Ferdi Rantung, Jurnalis · Minggu 23 Agustus 2020 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 320 2266008 daftar-kerja-sama-ri-uea-di-sektor-energi-libatkan-pertamina-dan-pln-Rjk7sWi36m.jpg EBT (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lawatan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri BUMN ke Uni Emirat Arab (UEA), membuahkan hasil di bidang energi. Mereka mendapatkan kerja sama untuk PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero).

"Mengenai energi, Alhamdulilah, satu proyek pembangkit listrik tenaga surya terapung sebesar 145 MWAC di Waduk Cirata Jawa Barat, atau kerja sama antara PT PJBi Indonesia dan PT Masdar (PEA) akan melakukan groundbreaking pada Juni 2021 dan akan mulai beroperasi pada semester kedua 2022," ujar Menlu Retno dalam konferensi pers secara daring, Sabtu (22/8/2020)

Selain itu, Indonesia menjajaki kerja sama dalam pengembangan proyek energi terbarukan. Dalam hal ini Indonesia meminta dukungan pemerintah UEA terhadap pembicaraan bisnis yang sedang dilakukan, di antaranya Pertamina dengan ADNOC.

"Kami berdua melihat betapa kuatnya komitmen pemerintah UAE untukk mendukung kerja sama dengan Indonesia baik untuk kali ini kerja sama di bidang kesehatan maupun kerja sama ekonomi lainnya," tandas Retno.

Baca Juga: Erick Thohir dan Menlu ke UEA Bahas Vaksin hingga Energi 

Sementara itu, Erick mengatakan di bidang ketahanan energi pemerintah kembali melanjutkan pembicaraan tentang kerja sama PLN dengan BUMN UEA bidang energi, Masdar.

"Salah satu point meeting yang kami akan lakukan bagaimana PLN bisa transformasi dengan partner dari Masdar membangun energi tenaga surya, yang awalnya sekarang di Cirata. Kami akan eksplor lagi di beberapa daerah lain," ujar Erick

Sekedar informasi, PLN melalui PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) telah menandatangani persetujuan pembangunan proyek (project development agreement) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung di waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat sejak 2017 lalu.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini