Menko Airlangga Sebut Realisasi Anggaran Pemulihan Ekonomi Naik 18%

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 20 2266484 menko-airlangga-sebut-realisasi-anggaran-pemulihan-ekonomi-naik-18-HFfuFj3kYi.jpg Menko Airlangga Pimpin RKTM di Bali (Foto: Dokumentasi Kemenko Perekonomian)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Airlangga Hartarto mengatakan bahwa ada tren yang baik terkait realisasi anggaran PEN. Dia mengatakan bahwa per Agustus ini ada kenaikan dalam hal realisasi anggaran tersebut.

β€œDi mana dari pagu Rp695 triliun untuk program pemulihan ekonomi nasional, ini realisasinya sudah meningkat menjadi 25%. Dibandingkan semester yang kemarin Rp124,6 triliun, per Agustus sudah naik Rp173,98 triliun atau naik 18%,” katanya seusai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Presiden, Senin (24/8/2020).

Baca Juga: Ekonomi RI Kuartal III Pajak Stuck dan Daya Beli Mentok, Jokowi: Kuncinya Investasi

Dia mengatakan agar perekonomian dapat masuk ke jalur positif maka realisasi anggaran harus terus didorong. Baik anggaran untuk program di kementerian/lembaga maupun program PEN. Dia juga telah memerintahkan agar anggaran yang tidak terserap digunakan untuk hal lain yang mendukung produktivitas.

β€œDan kepada kementerian kemarin kami sudah sampaikan bahwa anggaran yang tidak terserap dialihkan kepada program-program yang mendukung produktivitas,” ungkapnya.

Untuk menggenjot realisasi, program yang akan terus didorong adalah penyaluran bantuan-bantuan sosial. Di antaranya banpres produktif untuk UMKM senilai Rp2,4 juta. Lalu subsidi gaji di bawah Rp5 juta sebesar Rp600 ribu.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini