Asumsi Makro 2019 Banyak Meleset, Ini Pembelaan Sri Mulyani

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 20 2267290 asumsi-makro-2019-banyak-meleset-ini-pembelaan-sri-mulyani-lPN6FijB2X.png Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Okezone.com/Youtube Komisi XI DPR)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjelaskan soal asumsi makro 2019. Di mana Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengkritisi realisasi yang meleset dari target.

"Pemerintah menyadari bahwa target pertumbuhan ekonomi dan angka kemiskinan dalam RPJMN 2015-2019 masih belum mampu dicapai. Namun pemerintah tetap berupaya untuk menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi nasional agar meningkat setiap tahunnya," ujar Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (25/8/2020).

Baca Juga: DPR Siap Sahkan RUU Pertanggungjawaban APBN 2019

Dia melanjutkan, akan memanfaatkan momentum pertumbuhan ekonomi yang terjaga di kisaran 5% hingga akhir 2019 lalu diyakini mampu memutar roda aktivitas sektor riil dan investasi hingga mampu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat Indonesia sehingga tingkat pengangguran dan kemiskinan secara bertahap dapat diturunkan.

"Hal ini dilihat dari tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran terbuka dan rasio gini yang semakin membaik," imbuhnya.

Baca Juga: Ada Rekening Pribadi untuk APBN, BPK Panggil Sri Mulyani dan Prabowo

Dia menambahkan, pemerintah senantiasa berkomitmen untuk terus melakukan upaya perbaikan pengelolaan fiskal agar semakin sehat dan berkelanjutan dilakukan antara lain dengan terus mendorong optimalisasi pendapatan negara meningkatkan efisiensi dan kualitas belanja negara dan mengembangkan pembiayaan yang inovatif.

"Kita terus mendorong ekonomi domestik melalui peran belanja negara sebagai instrumen untuk mendorong laju perekonomian berdampak pada pelebaran defisit dari yang direncanakan pada tahun anggaran 2019 serta realisasi keseimbangan primer yang masih negatif ini," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini