Begini Cara Potong Rantai Pasok Pangan agar Harga Lebih Murah

Safira Fitri, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 320 2267013 begini-cara-potong-rantai-pasok-pangan-agar-harga-lebih-murah-oXoVNDtuFP.jpg Cara Kementan Pangkas Rantai Pasok Pangan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya memotong rantai pasok bahan pangan hingga ke konsumen. Salah satunya melalui Pasar Mitra Tani (PMT) di seluruh provinsi.

Dalam rangka untuk terus menjaga ketahanan pangan, Kementan menggerakkan PMT dengan fungsi menjaga rantai pasok komoditas pertanian tetap stabil, dan harganya di masyarakat juga terjangkau.

Baca Juga: 5 Teknologi Andalan yang Bantu Industri Pertanian Indonesia

"Dalam hal ini, Pasar Mitra Tani menjaga pasokan komoditas pertanian agar tidak terjadi gejolak harga sampai di masyarakat," tulis Instagram @kementerianpertanian, Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Selain itu, Kementan juga melakukan kerjasama dengan kelompok tani. PMT bekerja sama dengan kelompok tani dari memotong rantai pasokan langsung dari produsen ke konsumen.

Baca Juga: Rahasia Keberhasilan Pertanian yang Harus Diketahui

"Harga yang stabil akan tercipta karena minimnya pihak ketiga," tulis Kementan.

Selain itu, PMT terbuka bekerja sama dengan segala pihak, misalnya PMT Kalimantan Timur yang bekerja sama dengan pihak Gojek dalam kegiatan pendistribusian.

Masyarakat perlu tahu di mana mereka mendapat harga bahan pangan yang wajar dan terbantu oleh kemudahan teknologi informasi.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini