Jika Diizinkan, Bioskop Tidak Bisa Langsung Dibuka

Safira Fitri, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 320 2268635 jika-diizinkan-bioskop-tidak-bisa-langsung-dibuka-DHHaqHJ8ca.jpg Bioskop (Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah akan kembali membuka bioskop pada 10 September 2020. Pasalnya, hal ini tergantung akan keputusan dari para Pemerintah Daerah (Pemda).

Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) menunggu surat keputusan (SK) yang diterbitkan Pemprov DKI Jakarta terkait izin pembukaan bioskop di wilayah Ibu Kota. Jika SK itu terbit dalam dua hari ke depan, bioskop akan kembali buka pada 10 September 2020 mendatang.

Namun, pihaknya tak langsung bisa membuka bioskop setelah SK terbit karena harus menyiapkan protokol kesehatan dan pendistribusian film. Hal tersebut memerlukan waktu agar nantinya pembukaan tempat hiburan tak menjadi lokasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Kita butuh persiapkan protokol, persiapkan film yang akan didistribusikan ke seluruh Indonesia. Bukan Jakarta saja, nanti film akan didistribusikan ke daerah-daerah, perlu waktu itu," ujarnya.

 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan dalam waktu dekat bioskop dan cinema di wilayah DKI Jakarta akan segera dibuka. Pembukaan ini merujuk pada studi dan kajian para pakar dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Parekraf.

Bahkan, Anies mengatakan, pembicaraan dengan penyedia bioskop pun telah dilakukan untuk persiapan pembukaannya. Namun, keputusan pembukaan bioskop masih harus dilihat kondisi persiapan dari pelaku sektor ini.

Baca Selengkapnya: Bioskop di Jakarta Dibuka 10 September Jika Kantongi Izin

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini