Arti Fasade dalam Konstruksi, Cermin si Pemilik Hunian

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 470 2268854 arti-fasade-dalam-konstruksi-cermin-si-pemilik-hunian-FjWDgMMB7M.jpg Fasade Adalah Wajah Dari Sebuah Bangunan. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kata fasade mungkin masih jarang didengar banyak orang. Fasade adalah wajah dari sebuah bangunan. Maka dari itu, peran fasade penting dalam suatu konstruksi.

Fasade juga sebagai unsur terluar dari suatu bangunan yang dapat dinikmati secara visual. Meskipun kehadirannya hanya dinikmati beberapa saat ketika akan masuk bangunan tersebut.

Selain itu, fasade juga sering disebut sebagai cerminan kepribadian si pemilik hunian. Mengutip dari buku Ide-Ide Inspiratif Desain Rumah Tinggal karya Suparno Sastra M, Jakarta, Kamis (27/8/2020), dijelaskan lebih dalam soal fasade.

Baca Juga: Begini Cara Mengolah Lahan Tanam Kentang di Rumah

Untuk desain fasade tentunya jangan sampai mengorbankan kenyamanan para penghuni rumah tersebut. Baik dalam kegiatan beraktivitas atau saat beristirahat.

Hal tersebut tentu mengandung konotasi bahwa meskipun nilai fasade harus dikedepankan, tetapi perancangannya harus memperhatikan kebutuhan dan kualitas ruang. Dalam proses perancangan, desain fasade harus menduduki posisi utama.

Baca Juga: Investasi Tanah Kavling hingga Pertambangan, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Sebab nantinya bangunanakan diapresiasi oleh publik melalui fasade tersebut. Oleh karena itu desain fasade sebaiknya merupakan upaya kompromi antara konsep desain dan organisasi ruang yang ada di dalamnya.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam mendesain elemen fasade, gunakan standarisasi yang berhubungan dengan kesehatan, keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pengguna. Agar fungsi bangunan juga dapat berjalan optimal, sesuaikan masing-masing elemen fasade terhadap standar yang ada.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini