5 Cara Hemat Bangun Rumah dengan Budget Pas-pasan

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 470 2269002 5-cara-hemat-bangun-rumah-dengan-budget-pas-pasan-aMeMFTkN1v.jpg Rumah (Shutterstock)

JAKARTA - Membangun hunian pribadi memang sangat diinginkan oleh setiap individu. Namun untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan sejumlah persiapan dan rancangan matang.

Apalagi, di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil. Disertai dengan naiknya harga bahan pembangunan, tentunya biaya yang diperlukan juga harus diperhitungkan bukan?

 Baca juga: Arti Fasade dalam Konstruksi, Cermin si Pemilik Hunian

Hal lain yang harus diperhatikan saat ingin membangun hunian yakni sebaiknya bentuk struktur terlebih dahulu. Sebab biasanya biaya struktur mencapai 40-50%.

Mengutip dari buku 'Desain Rumah Rp100-200 Juta' karya DMAXIMUS arc, Jakarta, Jumat (28/8/2020), berikut beberapa tips penyediaan rumah dengan harga yang terjangkau.

 Baca juga: Investasi Tanah Kavling hingga Pertambangan, Mana yang Lebih Menguntungkan?

1. Desain denah rumah yang fungsional, bisa dengan bentuk persegi panjang atau kotak. Hal ini akan lebih murah dan efisien daripada bentuk denah rumah segitiga atau bentuk sudut lain.

2. Mendesain bentukan sistem struktur dengan rangka modular, akan lebih efektif dan efisien.

3. Memilih dan mengantur penggunaan bahan material dengan bijak.

 Baca juga: Tak Hanya Jadi Tempat Makan, Ini Keuntungan Punya Restoran

4. Melakukan kontrol dan pengawasan terhadap biaya pembangunan. Dengan merencanakan anggaran biaya pembangunan sejak awal.

5. Melaksanakan pembangunan tidak di musim penghujan. Sebab hal tersebut akan lebih menghemat biaya dan tentunya kualitas bangunan akan lebih baik.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini