Kreatif, Mantan Mekanik Bikin Bengkel Online di Tengah Pandemi

Yoyok Agusta, Jurnalis · Sabtu 29 Agustus 2020 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 29 455 2269388 kreatif-mantan-mekanik-bikin-bengkel-online-di-tengah-pandemi-1g0vBGSdxF.jpg Bengkel Online Buatan Mekanik di Sidoarjo. (Foto: Okezone.com/iNews)

JAKARTA - Pandemi virus corona membuat masyarakat harus berpikir kreatif. Seperti yang telah dilakukan sejumlah mantan mekanik di Sidoarjo, dengan membuat bengkel online.

Penggagas Bengkel Online Zahlul Yussar mengatakan, bengkel online dibuat dengan bekal keterampilan selama berkerja di sejumlah tempat perbaikan mesin kendaraan roda dua. Dari itu maka dibuat aplikasi, di mana para pemilik roda dua dapat melakukan perbaikan kendaraan mereka di rumah selama 24 jam.

Baca Juga: Pelajaran dari William Tanuwijaya Bertemu Investor Asing saat Bangun Tokopedia

“Aplikasi ini telah dikembangkan selama empat tahun. Ini diluncurkan untuk melayani warga masyarakat yang tengah mengalami kerusakan pada kendaraan roda dua mereka. Bahkan para konsumen dapat memesan mekanik ataupun kebutuhan lainnya secara daring, kapanpun dan dimanapun selama 24 jam,” ujarnya, dikutip dari siaran iNews Sabtu (29/8/2020).

Bengkel Online

Menurutnya, dengan peluncuran aplikasi para mantan mekanik motor dapat menampung keterampilan roda dua atau bahkan bisa menambah penghasilan mekanik di luar pekerjaan tetap mereka sebagai mekanik motor.

Baca Juga: Bos Tokopedia: Saya Lulusan Warnet

“Bahkan melalui aplikasi ini diharapkan dapat mengurai kerumunan warga yang tengah mengantre di pusat-pusat bengkel roda dua guna pencegahan penularan Covid-19,” tuturnya.

Dia menerangkan, dalam pemesanannya pun cukup terbilang mudah. Para konsumen hanya memasukkan keluhan yang dirasakan pada motor mereka. Kemudian telah disediakan pada kolom aplikasi serta mencantumkan merek motor, tahun pembuatan, sejumlah persyaratan lain serta alamat konsumen.

Hal ini dimaksudkan agar para mekanik yang akan melakukan perbaikan dapat membawa peralatan yang sesuai dengan keluhan yang disampaikan oleh konsumennya. Bahkan dalam sistem pembayarannya aplikasi ini dapat menggunakan sistem daring, tanpa harus melakukan pembayaran kepada para mekanik.

“Tidak saja dapat melayani di rumah konsumen, mekanik online ini juga dapat melayani konsumen dalam kondisi darurat seperti saat motor mogok di jalan,” ujarnya.

Bengkel Online

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini