Cara Agar Bisnis Bertahan saat Covid-19, Sandiaga Uno: Jangan Bilang 'Saya Gaptek'

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 30 Agustus 2020 08:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 30 455 2269670 cara-agar-bisnis-bertahan-saat-covid-19-sandiaga-uno-jangan-bilang-saya-gaptek-0eXEv4pQqq.jpg Sandiaga Uno (Okezone)

JAKARTA – Seluruh pelaku usaha di Indonesia diminta untuk melek teknologi agar mampu bertahan di era pandemi Covid-19. Apabila mereka tetap menjalankan bisnis secara konvensional, maka jangan berharap untuk tetap bertahan di tengah pandemi ini.

Salah satu pengusaha terkenal Sandiaga Uno memberikan tips-tips sukses agar pebisnis Indonesia bisa menang melawan pandemi ini. Kunci utama seorang pengusaha bisa tetap eksis menjalani usahanya, yaitu dengan cara melek teknologi dan meninggalkan kebisaan lama, yakni dengan tatap muka.

 Baca juga: Daur Ulang Kemasan Mi Instan Bisa Jadi Aspal Jalanan

“Modifikasi produk dengan kebutuhan konsumen. Buat suatu varian. Digitalisasi marketing, ini suatu keniscayaan. Jangan lagi bilang ‘Saya enggak bisa, saya gaptek (gagap teknologi)’,” kata Sandi dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Universitas Sriwijaya, Sabtu (29/8/2020) kemarin.

Politikus Partai Gerindra itu mencontohkan ibunya bernama Mien Uno yang kini usianya sudah hampir menginjak 80 tahun saja terbilang mahir menggunakan media sosial untuk berinteraksi. Bahkan kini, seorang tokoh yang aktif di bidang pendidikan itu saja sudah mampu menghasilkan keuntungan dari setiap kelas daring yang diajarnya.

 Baca juga: Intip Penghasilan 4 YouTuber Kelas Dunia, Angkanya Fantastis

“Ibu saya seorang guru sudah mampu menjual kelasnya melalui digital marketing. Membangun kemitraan dengan UMKM lain. Kita lihat bahwa era bisnis pasca pandemi adalah kolaborasi, bukan bisnis,” ujarnya.

Dia menjelaskan, seorang wirausaha itu harus pintar melihat peluang agar produknya diminati masyarakat di pasar. Misalnya seperti memanfaatkan kearifan lokal untuk dijadikan sebuah produk yang akan dijual. Selain itu, pemanfaatan transformasi teknologi juga harus dimanfaatkan oleh seluruh pengusaha di era pandemi ini.

“Kekuatan dari kearifan lokal syarat sukses. Kita harus manfaatkan potensi ekonomi, juga kuasai tekonologi digital dengan sektor bidang kesehatan dan makanan,” katanya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini