Cara Menghemat BLT Subsidi Gaji Rp1,2 Juta agar Cukup 2 Bulan

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 622 2270622 cara-menghemat-blt-subsidi-gaji-rp1-2-juta-agar-cukup-2-bulan-PddDy4z5nj.jpg Tips Mengelola Keuangan Bagi yang Mendapat Gaji Tambahan Rp1,2 Juta. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah akan kembali mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) berupa subsidi gaji sebesar Rp1,2 juta kepada pegawai dengan gaji di bawah Rp5 juta.

Bagi pekerja yang akan menerima bantuan sosial tersebut, Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, subsidi gaji harus digunakan dengan bijak. Tujuan utamanya supaya kebutuhan bisa tetap tercukupi.

"Misalnya memang kondisinya seperti ini untuk tidak langsung habis," ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (1/9/2020).

Baca Juga: Jangan Lupa Beli Vitamin saat Rekening Terisi Bantuan Rp2,4 Juta

Menurut Andi, jika memang uang bantuan tersebut akan digunakan untuk dua bulan, maka harus memprioritaskan kebutuhan paling penting. Selain itu, kuantitas barang yang dibeli bisa dikurangi dan tidak langsung dihabiskan seluruhnya.

"Artinya buat beli makanan boleh enggak? Boleh-boleh saja. Cuma kuantitasnya diturunin lah. Karena paling enggak ini untuk support dua bulan ke depan. Jadi, kita harus berhemat ke sana," jelasnya.

Baca Juga: Tak Kunjung Dipanggil Kerja, 4 Hal Ini Bisa Jadi Solusinya

Meski demikian, pekerja bisa saja menghabiskan keseluruhan dana Rp1,2. Namun konsekuensinya ada pada bulan berikutnya, karena tidak ada dana tambahan lagi.

"Kembali lagi si keluarga ini karena mereka bisa dibilang mengalami masalah atau imbas dari masa pandemi mereka harus jauh lebih bijak dalam mengeluarkan uangnya itu tadi. Bisa enggak kalau Rp1,2 jutanya saya belikan handphone? bisa saja," jelasnya.

Hanya saja, Andi menyarankan supaya barang yang dibeli benar-benar penting. Misalnya membeli handphone, dipastikan yang bersangkutan belum memiliki gadget, atau gadget yang dimiliki sudah tidak layak pakai.

"Atau alasannya beli handphone untuk anak belajar daring ya bisa saja. Cuma kalau memang handphone kemarin masih oke, kenapa mesti beli yang baru lagi gitu kan," kata Andi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini