Mahalnya Harga Masker dan Hand Sanitizer Paling Banyak Diadukan Warga +62

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 320 2272066 mahalnya-harga-masker-dan-hand-sanitizer-paling-banyak-diadukan-warga-62-AdhfA1tC44.jpg Masker (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) banyak menerima berbagai macam pengaduan konsumen di saat pandemi virus corona atau Covid-19. Salah satu pengaduan yang banyak masuk terkait harga masker dan hand sanitizer sebesar 33% dari total pengaduan.

"Aduan masker dan hand sanitizer ini terkait harga yang mahal dan kelangkaan barang. Saat itu kami menduga ada oknum yang mencoba menimbun barang-barang tersebut," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi dalam diskusi webinar, Kamis (3/9/2020).

Baca Juga: Tips Aman Belanja Online agar Tak Tertipu 

Selain itu, lanjut Tulus, pihaknya juga banyak mendapatkan banyak pengaduan oleh konsumeni di Indonesia alias warga +62 di sektor transportasi sebesar 25%. Pengaduan ini terkait refund dengan tiket.

"Banyak masyarakat yang mengeluhkan karena refund tiket tidak digantikan dengan uang, tapi berupa voucher. Kebanyakan aduan ini terkait maskapai penerbangan" jelasnya.

Baca Juga: 4 Perusahaan Pemborong Vaksin Covid-19, dari Astra hingga Sinarmas 

Kemudian, belanja online. YLKI mencatat jumlah pengaduan mencapai 16,67% dengan dominasi kasus penipuan atau harga tinggi.

"Tren atas belanja online membawa potensi atas tindakan penipuan dan penjualan barang-barang tertentu dengan harga tinggi. Khususnya alat kesehatan," terangnya

Selanjutnya, relaksasi jasa keuangan. YLKI mencatat persentase pengaduan mencapai 11,11% dan supermarket mencapai 5,50% terkait lonjakan dan kelangkaan sejumlah barang.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini