Cara Bandara Kertajati Hemat saat Covid-19, Matikan Lampu hingga AC

Ichsan Amin, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 320 2272174 cara-bandara-kertajati-hemat-saat-covid-19-matikan-lampu-hingga-ac-Tt4ErkSHBs.jpg Pesawat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB/Kertajati) melakukan efisiensi operasional dalam rangka penghematan di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Utama PT BIJB Salahuddin Rafi mengatakan, penghematan paling besar ada pada penggunaan listrik. “Termasuk AC, lampu dan sebagainya kita efisienkan penggunaannya. Ini juga mengingat karena penumpang masih sepi di masa pandemi ini,” ujar dia dihubungi di Jakarta, Kamis (3/9/2020).

Tidak tanggung-tanggung, untuk listrik penghematan yang bisa dipangkas mencapai hampir mencapai Rp1 miliar.

“Kalau sebelum-sebelumnya listrik itu per bulannya bisa Rp1,4 miliar sekarang dengan penghematan, per bulannya Rp450 juta,” ungkapnya.

Baca Juga: Bahlil Beberkan 2 Pabrik Besar Korsel Akan Pindah ke Batang 

Salahuddin menjelaskan penghematan yang dilakukan tidak mengurangi kualitas pelayanan dari sisi safety dan sekuriti.

“Berdasarkan survei kami 46% penumpang kami itu ada di perjalanan dinas dan urusan pendidikan. Dengan kondisi begini, saya kira semua bandara tidak hanya di Indonesia, di global juga melakukan hal yang sama,” ungkapnya.

Dia menambahkan, efisiensi waktu kerja karyawan juga dilakukan melalui penerapan sistem kerja Work From Home (WFH). “Tapi kita tetap standby sewaktu-waktu,” pungkasnya.

Efisiensi operasional BIJB sebelumnya juga mendapat arahan dari Biro Biro BUMD dan Investasi Jawa Barat di mana bandara ini sebagian besar menjadi milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini