Bahlil Beberkan 2 Pabrik Besar Korsel Akan Pindah ke Batang

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 320 2272165 bahlil-beberkan-2-pabrik-besar-korsel-akan-pindah-ke-batang-kbDToXw6lI.jpg Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (Foto: Setkab)

JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat ada dua perusahaan raksasa Korea Selatan (Korsel) yang akan merelokasi pabriknya ke Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan, dua perusahaan ini akan menggunakan lahan Batang seluas 40 hektare (ha) hingga 50 ha.

 Baca juga: Covid-19 Buat Masyarakat Indonesia Sadar Investasi Online

"Kalau Batang yang udah komitmen sama kita dua. Saya kasih bocoran ya, dari Korea, tapi itu skala besar, yang 1 perusahaan bisa menghabiskan 40 ha-50 ha," ungkap Bahlil di Komisi VI DPR RI, di Jakarta, Kamis (3/9/2020).

Bahlil menjelaskan, dua perusahaan Korsel itu akan bekerja sama dengan pengusaha atau UMKM setempat untuk memberdayakan usaha dalam negeri.

 Baca juga: Fakta-Fakta Tugas Khusus Jokowi ke Luhut, Investasi Jangan Minus

"Tapi mereka ini kita suruh join dengan pengusaha daerah yang memenuhi syarat, dan UMKM, agar ekosistemnya bisa terjaga," imbuhnya.

Bahlil menambahkan selain Korea Selatan, beberapa investor asing sudah banyak mengunjungi lokasi Batang dalam merelokasi pabriknya.

"Kemarin ada beberapa perusahaan yang melakukan kunjungan ke Batang ya. Kalau Subang kan kita lagi proses kawasannya. Sementara kalau Batang udah mulai beberapa investor masuk," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini