Selain Bangga Buatan Indonesia, Ini Upaya Mendag Dorong Produk UMKM

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 07 September 2020 19:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 320 2274039 selain-bangga-buatan-indonesia-ini-upaya-mendag-dorong-produk-umkm-NvfmoaSiyw.png Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Acara iNews. (Foto: Okezone.com/YouTube iNews)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengajak masyarakat untuk mencintai dan menggunakan produk lokal, apalagi di tengah situasi yang sulit selama pandemi virus corona. Dengan bangga terhadap produk lokal, hal ini akan membantu keberlanjutan UMKM yang tengah kesulitan karena pandemi.

"Kita kaya dengan Sumber Daya Alam dan beragam budaya. Banyak memiliki Sumber Daya Manusia berkreatif dan inovasi tinggi. Ini patut disyukuri dan harus bangga dengan karya anak bangsa," tuturnya, dalam acara LIVE NOW! Kata Sandi, di YouTube Official iNews, Senin (7/9/2020).

Baca Juga: Menteri Teten Promosikan Produk Unggulan UMKM untuk Tingkatkan Pariwisata

Menurut Agus, pasar dalam negeri sangat besar dengan 270 juta jumlah penduduk Indonesia. Artinya, bila bangga produk lokal meningkat, maka UMKM terbantu dan proses pemulihan ekonomi bisa lebih cepat.

"Kualitas dan inovatif kita adalah aset yaitu bangga. Dengan bangga bahwa produk lokal tidak kalah bersaing," tuturnya.

Baca Juga: Anggaran Belanja Rp307 Triliun Jadi Angin Segar UMKM

Kementerian Perdagangan (Kemendag), lanjut Agus, akan membantu dari sisi sosialisasi dan promosi produk-produk UMKM Indonesia. Untuk menembus pasar mancanegara, Kemendag membuka pintu ekspor dengan atase perdagangan dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) di luar negeri

"Di sini kita beri sarana kepada UKM dan akses ke luar negeri ada ITPC untuk di 31 negara terdapat atase perdagangan. Ini sarana dan kita berikan juga training gimana ekspor untuk UKM," tuturnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini