Begini 5 Cara Desain Carport agar Mobil Aman

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 07 September 2020 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 470 2273701 begini-5-cara-desain-carport-agar-mobil-aman-yy81xNpggA.jpg Garasi (Shutterstock)

JAKARTA - Carport biasanya dimanfaatkan sebagai penutup garasi guna melindungi mobil atau kendaraan di rumah. Selain itu, hadirnya carport dimanfaatkan sebagai pelindung dari terik matahari bahkan tampias air hujan.

Pada beberapa rumah yang direncanakan dengan matang dan menggunakan konsep yang jelas, pemilihan carport hanya tinggal mengikuti konsep desain yang ada. Misalnya, rumah dengan konsep tropis yang didesain terbuka dengan banyak cahaya alami dan ventilasi untuk penghawaan alami, menggunakan konsep ini pula untuk carport.

 Baca juga: 4 Cara Dekorasi Kamar Tidur yang Bikin Nyaman

Panduan utama dalam segi pemilihan carport adalah harus sesuai dengan wajah rumah tersebut. Jangan sampai carport malah tampil berbeda dengan wajah rumah.

Melansir dari buku '21 Desain Atap Carport' karya Nia Noorahmah, Jakarta, Senin (7/9/2020), berikut beberapa tips praktis mengenai carport:

 Baca juga: Beda Desain Kamar Tidur Anak Perempuan dan Laki-Laki

1. Kenali tampilan gaya rumah

Untuk dapat menyelaraskan atap carpot dengan gaya hunian, tangkap terlebih dahulu mengenai gaya rumah induk. Amati dengan saksama mengenai material apa yang digunakan dan dominan.

Perhatikan dengan saksama mengenai elemen desain tema yang paling mudah ditemui, yakni bentuk, material dan warna.

2. Putuskan salah satu elemen yang akan dimunculkan

Trik mudah menambahkan carport tanpa mengubah wajah rumah yakni dengan melakukan pengulangan pada elemen yang ada. Pilih terlebih dahulu mengenai elemen desain yang akan dimunculkan.

 Baca juga: Perhatikan 4 Hal Sebelum Pasang Carport di Samping Rumah

Selain memudahkan menentukan keputusan, memilih satu elemen untuk ditonjolkan akan menghindari tampilan akhir yang terlalu "ramai". Pada tahap penyelesaian, nantinya akan menghasilkan dua atau tiga elemen desain yang akan muncul sebagai pengulangan pada carport.

3. Pahami struktur yang tepat untuk bentuk carpot yang dipilih

Pilihan bentuk tentunya akan membawa konsekuensi pada kosntruksi yang mendukung. Pilihan tersebut terkait dengan penggunaan material rangka dan penutup atap serta elemen struktur lain.

Yang harus dipahami lainnya yakni bahwa struktur tidak selalu mengikuti bentuk. Bisa saja yang dikarenakan bentu yang indah atau alasan lainnya, struktur ditampilkan sebagai elemen desain.

4. Pilih material yang cocok

Selain pertimbangan estetis untuk menghasilkan tampilan yang indah, pemilihan material juga menyangkut pertimbangan struktural. Beberapa sistem struktur tersebut tentunya hanya dapat menghasilkan bentuk-bentuk yang terbatas.

Misalnya, pada bentuk atap membran, tentunya akan dipilih bahan sejenis kain yang mempunyai daya regang tinggi untuk kemudahan pemasangan strukturnya yang berupa struktur tarik. Jika dengan atap datar, konsekuensinya yakni tidak menggunakan material penutup atau genteng.

5. Berani berkreativitas

Bermain dengan bagian kecil dari elemen desain akan menghasilkan tampilan baru pada carport atau rumah. Namun tetap berada pada prinsip - prinsip keindahan dan keserasian.

Salah satu cara yang dapat dilakukan yakni memberikan kontras. Kontras dapat diperoleh dengan menambahkan unsur yang berbeda dari elemen yang sama.

Selain dengan mengolah elemen yang ada, bisa dengan menambahkan variasi atau ornamen. Namun dengan catatan penambahan yang diberikan tidak berlebih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini