4 Cara Menabung dengan Efektif, Biar Sedikit Asal Konsisten

Safira Fitri, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 622 2275556 4-cara-menabung-dengan-efektif-biar-sedikit-asal-konsisten-gTPpbqLrwu.jpg Tips Mengatur Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Tidak sedikit orang yang mengalami kegagalan dalam menabung, hal tersebut karena landasan paradigma yang dimiliki salah tentang menabung. Seperti, beranggapan bahwa menabung artinya menyisihkan sisa uang bulanan untuk ditabungkan.

Dari anggapan tersebut, coba lihat faktanya, apakah masih ada sisa uang di akhir bulan untuk ditabungkan? Ternyata tidak, sering kali masih banyak keperluan yang harus dipenuhi.

Baca juga: 3 Cara Persiapkan Dana Darurat Selama Pandemi Covid-19

Dengan ini, maka ubahlah paradigma menabung, bahwa menabung adalah pengeluaran rutin dan prioritas di awal. Pastikan menabung di awal segera setelah menerima gaji, sebelum digunakan untuk kepentingan yang lain. 

Oleh sebab itu, berikut adalah tips menabung dengan efektif seperti dilansir dari buku Cash Flow for Women: Menjadikan Perempuan Sebagai Manajer Keuangan Paling Top oleh Ahmad Gozali, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Baca Juga: Mau Investasi, Jangan Cuma Ikut-ikutan

Pertama, menabunglah di awal, bukan di akhir. Jangan menabung dari uang sisa bulanan, tapi langsung sisihkan untuk ditabung begitu mendapatkan uang, sisanya baru dipakai untuk yang lainnya. 

Kedua, biar sedikit asal konsisten. Tidak perlu menunggu berpenghasilan besar baru mulai menabung, karena semakin banyak penghasilan akan semakin besar juga pengeluarannya. Berapapu penghasilannya, sebaiknya sisihkan setidaknya 10%dari penghasilan sebagai tabungan.

Ketiga, lebih awal, lebih baik atau jangan menunda-nunda untuk menabung. Karena semakin awal berinvestasi, semakin besar juga hasilnya.

Keempat, perhatikan dengan baik di mana menyimpan tabungan. Sebaiknya tidak hanya menyimpan dalam rekening tabungan atau deposito saja, tetapi sebaiknya investasikan juga dana nganggur untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini