Manajemen Air Jadi Kunci Hadapi Kemarau Panjang

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 320 2276370 manajemen-air-jadi-kunci-hadapi-kemarau-panjang-vE9e5NxIbx.jpg Petani (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) sedang mempersiapkan ragam langkah dan strategi untuk mengantisipasi adanya kemarau panjang yang akan datang. Langkah antisipasi tersebut dilakukan guna menjamin ketersediaan air.

Hal tersebut dilakukan melalui penataan manajemen air pertanian. Upaya khusus tersebut juga dilakukan agar petani tidak merasa rugi karena kurang siap dengan adanya kondisi yang diprediksikan ini.

 Baca juga: Harga Cabai hingga Daging Naik di Akhir Pekan

"Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Untuk mengantisipasi musim ini, pemerintah telah menyiapkan langkah-langkah mitigasi," seperti yang dikutip dari laman Instagram @kementerianpertanian, Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Kemarau panjang yang akan terjadi di Indonesia ini merupakan hasil dari prediksi yang diberikan oleh Food and Agriculture Organization (FAO). Adanya prediksi ini tentunya perlu disikapi dengan bijak melalui penyusunan langkah antisipasi.

 Baca juga: UEA Bidik Investasi Sektor Pangan di Subang

Selain itu, irigasi dalam hal ini sangat penting bahkan bisa dikatakan sebagai urat nadi pertanian. Irigasi tersebut harus dikelola dengan baik untuk menghindari dampak dari kemarau panjang tersebut.

Kementerian Pertanian RI (Kementan) melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertaian (PSP) akan mengelolah sejumlah jaringan irigasi. Jaringan irigasi yang dimaksud meliputi operasi, pemeliharaan dan rehabilitasi.

 Baca juga: Hadapi Krisis Pangan, Presiden Jokowi Laporkan Perkembangan Food Estate di Indonesia

"Solusi yang ditawarkan Kementan seperti di daerah Tasikmalaya adalah lewat irigasi perpompaan," tulis Kementan.

Tasikmalaya menjadi salah satu kota yang ditawarkan solusi oleh Kementan melalui bantuan irigasi perpompaan. Dengan adanya manajemen irigasi perpompaan, luas lahan yang terairi selama musim kemarau bisa bertambah banyak.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini