Jane Fraser, CEO Wanita Pertama di Bank Raksasa AS

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 455 2276183 jane-fraser-ceo-wanita-pertama-di-bank-raksasa-as-veONYN2iv4.jpg Bank (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Citigorup menunjuk Jane Fraser sebagai CEO perusahaan. Ini menjadi sejarah karena Jane menjadi wanita pertama yang memimpin bank besar Amerika Serikat (AS).

Fraser yang saat ini bertanggung jawab atas bank konsumen Citi dan akan mengambil alih pada bulan Februari dari Michael Corbat. Michael Corbat sendiri berencana pensiun setelah 37 tahun bekerja di bank tersebut.

"Saya telah bekerja dengan Jane selama bertahun-tahun dan saya bangga dia menggantikan saya. Dengan kepemimpinan, pengalaman, dan nilai-nilainya, saya tahu dia akan menjadi CEO yang luar biasa,” ujar Michael melansir dari CNN, Jumat (11//9/2020).

Sementara Corbat membantu menstabilkan Citi setelah resesi hebat. Fraser akan mengambil alih salah satu bank terbesar di negara itu pada saat ketidakpastian ekonomi yang besar sedang terjadi. Bahkan bank terbesar AS telah melaporkan penurunan tajam dalam laba karena mereka bersiap menghadapi gelombang gagal bayar selama pandemi.

"Ini merupakan terobosan bagi Wall Street, perbankan dan keuangan. Citigroup memimpin dengan memberi contoh dengan menambahkan keragaman ke puncak perusahaan ketika negara kita menuntut hal ini lebih dari sebelumnya. Sejarah telah dibuat hari ini,” kata Mike Mayo, analis perbankan di Wells Fargo.

Fraser, seorang veteran bank selama 16 tahun, dinyatakan sebagai ahli waris pada bulan Oktober ketika Citi mengangkatnya ke posisi presiden. Fraser mengikuti jejak wanita berpangkat tinggi lainnya di bidang keuangan.

Sallie Krawcheck menjabat sebagai eksekutif senior di Citi dan Bank of America (BAC) selama krisis keuangan 2008. Marianne Lake dipekerjakan sebagai kepala keuangan JPMorgan Chase (JPM) pada tahun 2012. Dan pada tahun 2011 Beth Mooney mengambil alih KeyCorp (KEY) pada tahun 2011, menjadikannya CEO wanita pertama dari 20 bank teratas AS.

Di sektor publik, Janet Yellen memimpin Federal Reserve, bank sentral paling kuat di dunia, dari 2014 hingga 2018. Dan bahkan saat Citi membuat pengumuman bersejarahnya, Christine Lagarde, presiden Bank Sentral Eropa, memberikan pengarahan kepada wartawan selama konferensi pers.

"Saya merasa terhormat atas keputusan dewan dan berterima kasih kepada Mike atas kepemimpinan dan dukungannya. Citi adalah institusi luar biasa dengan sejarah yang membanggakan dan masa depan yang cerah. Saya senang bergabung dengan kolega saya dalam menulis bab berikutnya,” kata Fraser dalam pernyataannya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini