Cara Menata Ruang Tamu dengan Simple tapi Tetap Stylist

Safira Fitri, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 470 2276086 cara-menata-ruang-tamu-dengan-simple-tapi-tetap-stylist-eZUahsNBKB.jpg Rumah (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Langkah pertama bagi seseorang yang baru memiliki hunian sudah pasti adalah menata seluruh ruangan di dalamnya dengan sedemikian rupa, sesuai keinginan ekspresi diri.

Di mulai dari ruang tamu, yang merupakan ruang bagian depan dan bersifat publik, pastinya pada ruangan ini diinginkan agar kesan pertama tamu terhadap rumah ialah nyaman.

Baca juga: 7 Cara Memoles Rumah Mungil agar Tampak Luas

Terkait menata ruang tamu yang simpel namun tetap bergaya, berikut adalah tips-tips yang dapat dilakukan seperti dilansir dari buku Interior Hunian Elegan oleh Astrid Kusumowidagdo, Jakarta, Kamis (10/9/2020). 

Pertama, tidak harus simetris.

Perlu diketahui, tidak harus mengatur komposisi hiasan dan koleksi dengan tatanan yang simetri, artinya kanan kiri yang sama. Sebaiknya, perhitungkan keseimbangannya saja, misalnya diletakkan pot tanaman tinggi di area sebelah kanan, di sebelah kirinya letakkan kursi simpel ditemani sepasang frame pada dinding di atasnya. 

Baca juga: Pencahayaan di Ruang Kerja Bikin Karyawan Makin Produktif, Ini 5 Cara Mengaturnya

Kedua, hiasi dinding dengan aksesori.

Hiasi dinding ruang tamu dengan berbagai aksesori dan koleksi pribadi agar terbentuk citra ruang sesuai karakter penghuninya sendiri.

Ketiga, ketepatan skala.

Perhatikan perbandingan berbagai hiasan dinding dan koleksi dalam ukuran dan jumlah dengan kondisi ruang juga furniturnya. Hal ini bertujuan agar hiasan dan koleksi tidak berkesan memenuhi ruang ataupun membuat ruang terlihat kosong.

Keempat, kombinasikan beberapa barang seni

Karena ruang ini berada di garis depan, kesan pertama akan didapat dari ruang ini. Untuk itu, jangan ragu-ragu untuk mengomposisikan beberapa barang seni atau pilih salah satu yang menjadi favorit dan jadikan aksen dalam ruang.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini