BLT Subsidi Gaji Pekerja Habiskan Rp5,84 Triliun

Michelle Natalia, Jurnalis · Minggu 13 September 2020 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 13 320 2276942 blt-subsidi-gaji-pekerja-habiskan-rp5-84-triliun-Kd6qMaEv5U.jpg Pekerja dengan Gaji di Bawah Rp5 Juta Dapat Gaji Tambahan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah mencatat realisasi anggaran subsidi upah bagi pekerja adengan penghasilan di bawah Rp5 juta telah mencapai Rp5,84 triliun dari total anggaran sebesar Rp37,7 triliun. Realisasi tersebut baru disalurkan dalam 2 batch subsidi upah.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, total penerima batch I dan II sudah mencapai 4,87 juta pekerja atau 89,45%.

Baca Juga: 4 Fakta BLT Subsidi Gaji yang Dikembalikan

"Hingga saat ini, Bantuan Subsidi Upah telah disalurkan dalam 2 batch dengan total dana Rp5,84 triliun dan penerima 4,87 juta pekerja atau telah mencapai 89,45% dari target 2 batch," ujar Ida dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (13/9/2020).

BLT

Sementara itu, pemerintah akan segera mencairkan BLT subsidi gaji batch III. Berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan, ada 3,5 juta data rekening penerima bantuan subsidi upah (BSU) yang sudah diserahkan kepada Kementerian Ketenagakerjaan. Data tersebut pun akan segera diproses pencairannya.

Baca Juga: Siap-Siap Cek Rekening, BLT Subsidi Gaji Cair Senin Depan

Dengan diterimanya data penerima BSU tahap III ini, maka jumlah total penerima BSU hingga saat ini adalah sebanyak 9 juta rekening.

Ida Fauziyah mengutarakan, pencairan BLT akan memakan waktu maksimal 4 hari untuk checklist terlebih dahulu dari tanggal diterima, baru setelahnya diserahkan dan diproses oleh KPPN dan ditransfer oleh bank penyalur.

"Mekanisme penyaluran BSU tahap III masih sama dengan tahap sebelumnya. Di mana data yang telah diserahterimakan akan dilakukan checklist oleh Kemnaker terlebih dahulu yang membutuhkan waktu 4 hari sebelum nantinya diproses oleh KPPN dan Bank Penyalur," ujarnya.

Untuk mendorong daya beli para pekerja bergaji di bawah Rp5 juta di tengah pandemi Covid-19, pemerintah juga akan memperpanjang program subsidi upah hingga tahun 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini