Indonesia Di-lockdown 59 Negara, Investasi Bisa Kabur

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 14 September 2020 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 320 2277421 59-negara-larang-wni-masuk-investasi-bisa-kabur-yLrjxczovg.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan investasi asing langsung ke Indonesia akan menurun. Hal ini seiring dengan adanya aturan 59 negara melarang masyarakat Indonesia datang ke negara tersebut.

Wakil Umum Apindo Shinta Kamdhani mengatakan investasi realokasi pabrik ke Indonesia akan terganggu. Dikarenakan sentimen negatif investor yang terpengaruh dengan aturan 59 negara yang memblokir Indonesia dengan kasus covid-19 yang masih tinggi.

 Baca juga: Menko Airlangga Sebut RI Akan Ikut 215 Negara yang Alami Resesi

"Yang juga berpengaruh terhadap pembatasan aktivitas FDI di Indonesia terutama dari persepsi certainty baik safety maupun investment opportunity di Indonesia di mata investor luar negeri terutama yang ingin merelokasi pabriknya atau operasionalnya," kata Shinta saat dihubungi, Jakarta, Senin (14/9/2020).

Kata dia, dari sisi migrasi tenaga kerja di bidang jasa, keterampilan dan mobilisasi tenaga kerja akan tertekan. Padahal migrasi tenaga kerja merupakan salah satu langkah untuk mengurangi unemployment.

 Baca juga: Masyarakat Lelah dengan Perbedaan Pendapat soal PSBB

"Di sisi lain juga menekan lebih jauh terhadap industri jasa pariwisata Tour dan Travel, Aviasi akibat pembatasan mobilisasi global," katanya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini