PSBB Diperpanjang hingga Desember? Pengusaha Butuh Stimulus Besar-besaran

Ferdi Rantung, Jurnalis · Senin 14 September 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 320 2277598 psbb-diperpanjang-hingga-desember-pengusaha-butuh-stimulus-besar-besaran-BpzX2b2v6D.jpg PSBB (Okezone)

JAKARTA - Pelaku usaha saat ini membutuhkan kepastian sampai kapan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta berlangsung. Sebab, para pelaku usaha perlu benar-benar berhitung sampai kapan bisnisnya bisa bertahan dalam kondisi PSBB.

"Pengusaha ini harus bisa memprediksi ke depannya. Saat ini memang kita dalam ketidakpastian. Apakah PSBB ini dua minggu, sebulan atau dua bulan" kata Wakil Ketua Kadin Bidang Ekonomi Kreatif Erik Hidayat dalam konferensi pers secara virtual, Senin (14/9/2020)

 Baca juga: Kapasitas Perkantoran Selama PSBB Hanya 25%

Menurutnya, jika PSBB terus berlangsung hingga bulan Desember, maka diperlukan kebijakan stimulus baru atau penambahan yang sudah ada. Tujuan, agar para pelaku usaha bisa bertahan dalam kondisi ini.

"Pemerintah harus memberikan stimulus lanjut atau relaksasi lanjut terkait hal ini, dan juga kepastian pelaksanaan PSBB" terangnya.

 Baca juga: Restoran hingga Rumah Makan Hanya Boleh Pesan Antar

Sementara itu, pihaknya sudah memprediksi bahwa akan ada penerapan PSBB kembali. Namun, dugaannya tidak secepat ini.

"Kami sudah prediksi akan ada PSBB lagi tapi tidak secepat ini. Karena baru diumumkan, 4 hari kemudian harus dilaksanakan, kami para pelaku usaha butuh perencanaan tentunya" katanya.

 Baca juga: Jika PSBB Jakarta Diterapkan, Ekonomi RI Masih Bisa Pulih

Meski terkesan dadakan, lanjut Erik, pihaknya menyambut baik adanya PSBB. Sebab, kasus covid-19 semakin melonjak setiap harinya, maka mau tidak mau dunia usaha menaati kebijakan Pemda DKI Jakarta.

"Dunia usaha mulai tumbuh kembali, Namun pada saat pada yang sama kami pun melihat bahwa covid-19 ini tidak terkendali terutama pada masa transisi kemarin," terangnya

Dia menambahkan, bahwa pihaknya mendukung operasi yustisi atau penegakan disiplin warga di DKI Jakarta untuk menertibkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan bersamaan dengan PSBB di DKI Jakarta, resmi diterapkan per hari ini.

"Kita sangat mendukung sekali dengan adanya operasi yustisi ini, karena mungkin akan meningkatkan lebih dari kesadaran masyarakat lagi kedepannya. Dan mungkin selain itu juga masyarakat juga akan lebih takut,” tandasnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini