Buat Jendela Rumah Berfungsi Maksimal, Cek Nomor 4

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 14 September 2020 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 470 2277251 buat-jendela-rumah-berfungsi-maksimal-cek-nomor-4-eBNyNlwuJP.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Jendela merupakan elemen bukaan terpenting pada suatu rumah atau hunian. Sebab, jendela merupakan sirkulasi pergantian udara pada rumah.

Jendela sebagai salah satu pelengkap interior yang fungsional, menjadi media sirkulasi udara dan visualisasi. Tentunya, keberadaan jendela bisa juga menjadikan ruangan lebih hidup.

Baca Juga: 4 Pemicu Harga Properti Naik Turun

Selain itu, fungsi dari jendela adalah sebagai media komunikasi antara ruang dalam dan luar bangunan yang bisa memberikan inspirasi bagi pemilik rumah. Untuk itu harus diperhatikan pula penerapan jendela ruang agar berfungsi maksimal.

Seperti yang dijelaskan dalam buku 101 Disain Jendela, Karya Indra Gunadi, Jakarta, Senin (14/9/2020). Berikut beberapa tipsnya.

Baca Juga: Mau Investasi Emas dan Properti? Intip Jenis-Jenis Risikonya

1. Seimbangkan keluar masuknya cahaya alami dan udara yang mengalir.

2. Jika memiliki ruangan pribadi yang tertutup, buatlah lubang udara kecil tersembunyi agar tetap mengalirkan udara dan memantulkan cahaya.

3. Manfaatkan cahaya alami dari atap jika ruangan sulit dibuat bukaan.

4. Hindari posisi bukaan jendela di dekat perangkat lunak elektronik, karena cahaya bisa mengakibatkan barang mudah korosi dan disfungsional.

5. Gunakan tinggi ambang bawah jendela minimal 5 cm di atas permukaan meja.

6. Buatlah jendela di ruangan yang memiliki pemandangan alami dan buatan, terutama di ruang hobi karena dinilai dapat meningkatkan kreativitas serta menstabilkan pikiran.(kmj)

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini