Punya Banyak Manfaat, Menanam Jeruk Nipis di Rumah Jadi Pilihan

Safira Fitri, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 470 2278070 punya-banyak-manfaat-menanam-jeruk-nipis-di-rumah-jadi-pilihan-jZmDpvg0By.jpg Menanam Jeruk Nipis di Rumah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menanam di tengah pandemi menjadi salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan. Tanaman yang ditanami pun bisa memberikan banyak manfaat untuk keluarga di rumah.

Jeruk nipis menjadi buah multiguna yang memiliki berbagai manfaat seperti sebagai bumbu dapur sekaligus obat herbal. Untuk memulai menanamnya di rumah pun cukup mudah dalam menanam dan perawatannya.

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi membuat jeruk nipis kerap jadi ramuan minuman penjaga kekebalan tubuh. Banyak sekali bukan manfaatnya?

Baca Juga: Begini Cara Bikin Ruang Olahraga di Area Rumah

Oleh sebab itu, terkait menanam jeruk nipis secara mandiri, berikut adalah cara-caranya seperti dilansir dari laman Instagram @kementerianpertanian, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Pertama, penyemaian benih.

Ambil biji jeruk nipis dan simpan di tempat sejuk selama 3 hingga 4 hari. Biji yang siap disemai akan kering dan lendirnya menghilang.

Kedua, siapkan media tanam.

Media tanam jeruk nipis adalah tanah bercampur pupuk kompos atau pupuk kandang, dengan perbandingan 3:1.

Baca Juga: Begini Cara Susun Batu Bata yang Bikin Rumah Tampil Cantik

Ketiga, menanam benih.

Biji jeruk nipis ditanam di kedalaman 30 cm. Kemudian, letakkan pupuk kandang setebal 3 hingga 5 cm di atasnya. Setelah itu, timbun kembali dengan media tanam campuran tanah dan pupuk kompos.

Keempat, perawatan.

Selama disemaikan, lokasi pot harus cukup cahaya, namun tidak terkena air hujan langsung. Selama 5 bulan, setelah tinggi tanaman 20 hingga 25 cm, pot dapat dipindahkan ke tempat terbuka.

Kelima, panen.

Kurang lebih perlu waktu selama 8 bulan untuk merawat tanaman jeruk nipis hingga bisa dipanen buahnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini