321 Pedagang Pasar Tradisional di Jakarta Terinfeksi Covid-19

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 320 2278590 321-pedagang-pasar-tradisional-di-jakarta-terinfeksi-covid-19-q2dn6Po6kA.jpg Ratusan Pedagang di Pasar Tradisional Jakarta Positif Covid-19. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Sebanyak 321 pedagang pasar tradisional di Jakarta positif Covid-19. Bahkan, satu di antaranya harus meregang nyawa akibat tak kuat menahan serangan virus corona. Jumlah itu tersebar di 51 pasar yang berada di wilayah Ibu Kota.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan, ini seharusnya dijadikan cambuk kepada Pemprov DKI agar menerapkan protokol kesehatan secara maksimal.

Baca Juga: Aturan Stimulus Ruwet, Pedagang Pasar Lebih Pilih Pinjam ke Rentenir

Sebab, selama ini peran pemerintah daerah dirasa belum maksimal oleh para pedagan.

“Ini adalah cambuk bagi PD Pasar Jaya. Ini adalah cara informasi untuk membuat Pemprov jauh lebih efektif,” kata Abdullah dalam acara Market Review di IDX Channel, Rabu (16/9/2020).

Dia menjelaskan, peran Pemprov DKI belum maksimal itu seperti penyediaan tempat cuci tangan yang terbilang masih minim di pasar-pasar.

“Contoh tempat cuci tangan, jumlahnya sangat minim dan sabun rata-rata sebagian itu sudah bercampur dengan air. Akhirnya tidak efektif juga,” ujarnya.

Baca Juga: Ada 8 Pasar Tradisional Direvitalisasi, Mana Saja?

Dia meminta kepada Pemprov DKI dan swasta agar lebih bersinergi untuk membantu menerapkan protokol kesehatan di pasar tradisional. Karena keberadaan pasar itu amat penting untuk distibusi pangan di suatu daerah.

“Pasar aman dan pedagang sehat. Kalau pedagang sehat ekonomi aman,” kata dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini