Pakai Ornamen Bambu di Dinding, Bikin Rumah Adem dan Unik

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 470 2278604 pakai-ornamen-bambu-di-dinding-bikin-rumah-adem-dan-unik-C7G4WHsciS.jpg Rumah (Foto: Inhabitat)

JAKARTA - Dinding rumah adalah komponen bangunan yang dapat digunakan untuk menyangga bagian atas bangunan, seperti halnya atap dan komponen lainnya. Dalam artian lain, dinding merupakan bagian dari sebuah bangunan yang punya fungsi sebagai pemisah antar ruang.

Jika biasanya dinding menggunakan bata, dinding juga dapat dibangun menggunakan bambu. Bambu merupakan bahan alami yang banyak tumbuh bebas di alam.

Baca Juga: Kisah Sukses Peternak Milenial yang Pernah Rugi Ratusan Juta

Keuntungan menggunakan bahan bambu yakni dari sisi harga yang murah serta mengurangi penggunaan bahan material buatan seperti bata atau beton. Seperti yang dijelaskan dari buku Kreatif Mengolah Dinding dari Eksplorasi Bentuk hingga Warna karya Amelia Vina, Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Untuk daya tahan dari bambu tidak perlu diragukan, seperti penggunaan dinding anyaman yang terbuat dari bambu tergolong kuat dan tangguh. Baik pada kondisi panas atau hujan sekalipun.

 bambu

Penggunaan bambu dalam sebuah hunian biasanya dipasang secara utuh. Untuk perakitan dari bambu, biasanya menggunakan kawat beton sebagai pengikat.

Untuk mempercantik bambu, dapat diberi bahan finishin berupa cat kapur, cat kayu, pelitur, cat minyak, dan lain sebagainya. Hal tersebut bertujuan agar menghindarkan material bambu dari serangan rayap, lumut, jamur dan membuat bambu tahan lama.

Gimana tertarik buat aplikasikan bambu jadi dinding rumah?

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini