Sampai Kapan Harga Emas Terus Tinggi?

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 320 2279167 sampai-kapan-harga-emas-terus-tinggi-6EpqOAcvzk.jpg Harga Emas (Shutterstock)

JAKARTA - Beberapa negara mulai melakukan uji coba pada vaksi corona (Covid-19). Penemuan vaksin ini nantinya akan berpengaruh pada harga emas.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan penemuan vaksin ini nantinya akan membuat harga emas akan anjlok. Jika pun nantinya mengalami penguatan, sifatnya hanya sementara dan akan kembali jatuh.

 Baca juga: Harga Emas Antam Tetap Dijual Rp1.030.000/Gram

Apalagi, jika nantinya vaksin tersebut diproduksi massal dan didistribusikan ke masyarakat. Ibrahim memperkirakan para pelaku pasar mulai meninggalkan emas.

"Karena kemungkinan besar vaksin pun juga mulai ditemukan kan. Kemungkinan besar akan berpengaruh pada pelemahan harga emas. Jadi emas ini kemungkinan besar akan jatuh. Karena semua negara sedang fokus terhadap vaksin," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (17/9/2020).

 Baca juga; Emas Antam Turun Rp7.000, Berikut Daftar Harganya

Menurut Ibrahim, anjloknya harga emas ini akan menggairahkan kembali insturmen investasi lainnya. Khususnya adalah investasi saham atau obligasi yang akan kembali menjadi pilihan pelaku pasar.

"Ini yang akan mengakibatkan pelaku pasar kembali ke obligasi dan saham dan emas akan ditinggalkan," kata Ibrahim.

Oleh karena itu lanjut Ibrahim, ada baiknya para pelaku pasar tidak gegabah untuk membeli emas di tengah situasi yang penuh ketidakpastian ini. Karena kalaupun harga emas naik, sifatnya hanya sementara.

"Jadi kalau menurut saya masih wait and see," kata Ibrahim.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini