Manfaatkan Pelatihan Kartu Prakerja untuk Buka Usaha Baru

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 455 2279083 manfaatkan-pelatihan-kartu-prakerja-untuk-buka-usaha-baru-Ge98Bv7yZ4.jpg Kartu Prakerja untuk Bantu Mencari Kerja. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pandemi virus corona membuat banyak orang harus kehilangan pekerjaannya. Sebab perusahaan harus melakukan efisiensi untuk bertahan di tengah hantaman pandemi virus corona.

Bagi yang terkena PHK, pemerintah langsung memberikan bantuan sosial melalui program Kartu Prakerja. Di sini para korban PHK mendapatkan pelatihan secara online dan juga insentif berupa uang tunai.

Menurut Perencana Keuangan Andi Nugroho, bukan hanya dalam mengelola atau mengatur keuangan yang penting saat ini. Tapi pekerja, baik yang masih kerja atau sudah di PHK bisa memaksimalkan bantuan yang diberikan dari pemerintah.

Baca Juga: Roti Garlic Cheese Lagi Trending, Pemilik Toko Baju Ini Auto-Banting Setir dan Terbukti Untung

Misalnya program Kartu Prakerja bisa dimanfaatkan jika yang bersangkutan jeli dalam melihat peluang. Sebab lewat program ini, para peserta akan diberikan pelatihan.

Hasil pelatihan ini bisa digunakan untuk membuka usaha baru nantinya. Sambil menunggu panggilan kerja kembali dari perusahaan yang dilamar.

"Iya (program Kartu Prakerja ini bisa dimanfaatkan). Artinya tetap ilmunya bukan yang sia-sia sama sekali." ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (16/9/2020).

Baca Juga: BI Diprediksi Tahan Suku Bunga Acuan 4%

Selain mendapatkan ilmunya, para peserta juga bisa memanfaatkan uang insentif untuk membuka usaha baru. Apalagi di saat seperti saat ini, penting bagi para korban PHK untuk memiliki penghasilan baru agar bisa tetap hidup.

"Di sisi lain kita juga bisa belajar dari insentif yang kita dapatkan bisa kita manfaatkan sebagai tambahan modal usaha sambil menunggu dapat panggilan dari pekerjaan yang kita apply," ucapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini