Ingat Ekonomi Sedang Sulit, Jangan Tergiur Promo Belanja Online

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 21 September 2020 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 622 2281232 ingat-ekonomi-sedang-sulit-jangan-tergiur-promo-belanja-online-et9HHgVLmv.jpg Kurangi Belanja Online yang Tidak Penting Selama Pandemi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona mengharuskan masyarakat untuk mengurangi belanja barang yang tidak terlalu penting. Pasalnya, kondisi pandemi virus corona membuat segalanya menjadi tidak pasti.

Pendapatan atau gaji pun terancam karena bisa saja perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga pemotongan gaji sebagai upaya efisiensi guna bertahan dalam kondisi sekarang. Artinya siapapun bisa terkena dampak saat ini.

Oleh karena itu, Perencana Keuangan Andi Nugroho menyarankan untuk mengantisipasi hal tersebut dengan mengurangi belanja yang tidak terlalu penting. Misalnya mengurangi mengecek toko-toko atau aplikasi jual beli online.

Baca Juga: Gaji Tak Dipotong, Prioritaskan Pengeluaran yang Penting Saja

"Benar-benar kita memprioritaskan untuk hal-hal yang yang sangat urgent sekali. Enggak beli barang yang enggak diperlukan," ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (21/9/2020).

Menurut Andi, sering mengecek aplikasi belanja online bisa membuat kantong atau isi dompet jebol. Apalagi, banyak sekali promo yang ditawarkan dari mulai diskon besar-besaran hingga gratis ongkos kirim.

 Padahal menurutnya, biasanya promo-promo diskon biasanya ditawarkan setiap bulan oleh aplikasi belanja online tersebut. Hanya saja momennya saja yang mungkin berbeda nama.

Baca Juga: Pekerjaan dan Gaji Masih Aman tetap Atur Rem Pengeluaran Ya

"Contohnya browsing marketplace liat diskon kemaren ada 9.9. berarti nanti ada 10.10," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Andi, masyarakat perlu memperkuat iman dan memproteksi keuangannya agar tidak tergoda dengan promo manis di e-commerce.Namun bukan berarti dirinya melarang masyarakat untuk belanja online.

Tetap diperbolehkan asalkan barang yang dibelanjakan memang sangat penting dan dibutuhkan. Bahkan, akan sangat baik jika barang yang dibutuhkan ini bisa lebih murah karena adanya promo atau diskon.

"Misalnya ada diskon seperti itu ya kita jangan kemudian dengan mudah belanja lagi belanja lagi," jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini