Usul ke Jokowi-Prabowo, Gubernur: Tanam Singkong Cukup di Kalteng

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 320 2282457 usul-ke-jokowi-prabowo-gubernur-tanam-singkong-cukup-di-kalteng-iYbSmREcVo.jpg Jokowi dan Prabowo (Foto: Biro Pers Istana)

JAKARTA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengatakan total luas lahan di Kalteng mencapai 15,5 juta hektare (ha). Dengan luas tersebut, dia mengatakan Kalteng siap menyediakan lahan untuk lumbung pangan nasional atau food estate.

Sugianto menyebut lahan yang disiapkan pun mengalami peningkatan. Dari sebelumnya 1 juta ha menjadi 1,4 juta ha.

“Kami siapkan lahan cadangan logistik nasional ini kami siapkan lahan seluas, yang awal kami siapkan 1 juta. Tetapi setelah menghadap Pak Menhan kami siapkan 1.400.000 ha,” katanya seusai rapat terbatas, Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi Tugaskan Menhan Prabowo Kembangkan Komoditas Singkong

Pada kesempatan itu Sugianto usul agar hulu dan hilir penanaman singkong cukup dilakukan di satu tempat yakni Kalteng. Hal ini agar lebih fokus dalam mengawasinya.

“Mudah-mudahan dari Presiden (Jokowi) dan pak Menhan (Prabowo) setuju bahwa singkong bisa diadakan cukup di satu tempat yaitu Kalteng hulu dan hilirnya. Supaya mengawasi dan mengontrolnya lebih nyaman. Kalau di beberapa tempat kan kontrolnya tidak fokus,” paparnya.

Meski begitu dia mengatakan bahwa tanaman apapun bisa ditanam di Kalteng. Termasuk sayur-sayuran dan buah-buahan.

“ Intinya Kalteng itu ditanam apapun tumbuh. Apel juga tumbuh, ada tempatnya di daerah utara perbatasan dengan kaltim. Bawang putih juga tumbuh. Bawang merah juga tumbuh. Termasuk sayur mayur," ujarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini