Lho, Gojek hingga Tokopedia Bisa Salurkan KUR

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 320 2282503 lho-gojek-hingga-tokopedia-bisa-salurkan-kur-czRQpJ2BET.jpg Gojek hingga Shopee Bisa Salurkan KUR. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah berupaya memulihan ekonomi Nasional dengan menyasar peran dan potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu cara yang dilakukan dengan memperluas penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi UMKM melalui sejumlah mitra platform digital yaitu Gojek, Grab Indonesia, Tokopedia, dan Shopee Indonesia.

“Dalam rangka meningkatkan peran UMKM sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi dan penyerap tenaga kerja pada masa pandemi Covid-19, Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pembiayaan UMKM dengan memberikan kemudahan akses, penundaan pembayaran dan menyediakan tambahan subsidi bunga sehingga murah dan meringankan UMKM melalui pelonggaran kebijakan KUR,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Baca Juga: Kabar Bahagia, Subsidi Bunga KUR Akan Diperpanjang

Lebih lanjut, Airlangga mengemukakan pelonggaran kebijakan KUR tersebut merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang bertujuan untuk memperkuat daya beli (demand) dan produksi (supply).

"Pemerintah telah mengalokasikan anggaran PEN untuk UMKM sebesar Rp123,46 triliun dari anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp695,20 triliun pada tahun 2020. Program PEN tersebut masih akan berlanjut hingga tahun 2021," katanya.

Pemerintah memberikan prioritas kepada pemulihan UMKM karena perannya yang strategis bagi perekonomian nasional dimana kontribusi UMKM mencapai sebesar 61,1% terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan menyerap 97% tenaga kerja (116,9 juta tenaga kerja).

"Pemerintah optimistis bahwa perekonomian Indonesia dapat tumbuh dan penyebaran Covid-19 dapat ditekan,” tutur Airlangga.

Baca Juga: Perdana, Pertamina Ekspor 200 Ribu Barel Solar HSD ke Malaysia

Salah satu bentuk implementasi kebijakan penguatan UMKM adalah dengan penyaluran KUR yang pada kesempatan ini diwakilkan oleh 3 Bank Penyalur KUR yaitu BRI, Bank Mandiri, dan BNI bagi UMKM mitra platform digital yang digelar hari ini.

Selanjutnya diharapkan penyaluran KUR kepada UMKM mitra platform digital tersebut dapat dilanjutkan dan diperluas dengan penyaluran KUR dari 42 Penyalur KUR lainnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini